eprintid: 74668 rev_number: 17 eprint_status: archive userid: 12241 dir: disk0/00/07/46/68 datestamp: 2025-12-17 04:39:14 lastmod: 2025-12-17 04:39:14 status_changed: 2025-12-17 04:39:14 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: sophanshofwan@gmail.com creators_name: Puji Rahmawati, NIM.: 21104030075 title: PERAN GURU DALAM MENERAPKAN LIVING HADIS UNTUK MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS ANAK USIA DINI DI TK ABA REJOWINANGUN ispublished: pub subjects: s_piaud divisions: pa_uds1 full_text_status: restricted keywords: Peran Guru, Living Hadis, Karakter Religius note: Dr. Hafidh 'Aziz, M.Pd.I. abstract: Pendidikan karakter di Indonesia saat ini menghadapi tantangan serius akibat kurangnya koordinasi antar lembaga pendidikan, perbedaan pandangan antara sekolah dan keluarga, serta minimnya keterlibatan orang tua yang terhambat kesibukan kerja dan pengaruh media sosial. Peran guru disekolah tidak hanya memberikan ilmu pengetahuan kepada anak muridnya. Guru memiliki peran yang sangat relevan dalam pendidikan karakter religius anak usia dini. Melalui living hadis, anak-anak diberi kesempatan untuk membiasakan diri dengan menerapkan nilai-nilai moral dan ajaran konstruktif yang sesuai dengan Al-Qur’an dan hadis. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam menerapkan living hadis untuk membentuk karakter religius anak usia dini di TK ABA Rejowinangun, serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk menggali lebih mendalam mengenai peran dan strategi yang digunakan guru dalam menerapkan living hadis untuk membentuk karakter religius anak usia dini di TK ABA Rejowinangun dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara terstruktur yang mendalam, dan dokumentasi dengan subjek penelitian adalah guru dan kepala sekolah di TK ABA Rejowinangun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru di TK ABA Rejowinangun sebagai pendidik, teladan, fasilitator dan motivator berperan penting dalam membentuk karakter religius anak. Strategi guru dalam menerapkan living hadis yaitu dengan secara aktif membiasakan anak membaca dan menghafal hadis yang relevan dengan tema pembelajaran. Setelahnya, anak akan mempraktikkan langsung isi hadis tersebut. Praktik ini kemudian diinternalisasi oleh anak-anak melalui proses pengamatan dan imitasi. Dalam upaya ini guru menghadapi sejumlah tantangan seperti keterbatasan waktu, kurikulum yang padat, dan variasi latar belakang anak. Namun keberhasilan ini didukung oleh beberapa faktor meliputi, dukungan kepala sekolah dan orang tua, serta lingkungan yang kondusif dan religius. Dengan demikian, penerapan living hadis yang konsisten di ajarkan guru terbukti efektif dalam membentuk karakter religius anak usia dini, yang diperoleh dari perilaku dan kebiasaan sehari-hari di lingkungan sekolah. Kata Kunci: Peran Guru, Living Hadis, Karakter Religius date: 2025-08-14 date_type: published pages: 130 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Puji Rahmawati, NIM.: 21104030075 (2025) PERAN GURU DALAM MENERAPKAN LIVING HADIS UNTUK MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS ANAK USIA DINI DI TK ABA REJOWINANGUN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/74668/1/21104030075_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/74668/2/21104030075_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf