%0 Thesis %9 Skripsi %A Deninggar Widi Prastika, NIM.: 21104010024 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2025 %F digilib:74670 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Konsep Pendidikan Seksualitas, Anak, Kitab Tarbiyatul Áulâd fil Islâm %P 151 %T KONSEP PENDIDIKAN SEKSUALITAS ANAK DALAM KITAB TARBIYATUL ÁULĀD FIL ISLĀM KARYA ‘ABDULLAH NASHIH ‘ULWAN %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/74670/ %X Indonesia sedang berada dalam kondisi darurat kekerasan seksual terutama pada anak. Namun, pendidikan seksualitas yang menjadi salah satu upaya pencegahan masih sering dianggap tabu dalam pelaksanaannya. Akibatnya, anak akan merasa bingung dan tidak mengetahui batasan-batasan seperti dalam melihat maupun menyentuh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji konsep pendidikan seksualitas anak menurut ‘Abdullah Nashih ‘Ulwan dalam kitab Tarbiyatul Áulâd fil Islâm. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode penelitian analisis isi. Sumber data primer penelitian ini adalah kitab Tarbiyatul Áulâd fil Islâm karya ‘Abdullah Nashih ‘Ulwan. Sementara, sumber sekunder yang digunakan adalah buku seperti kitab terjemah dari Tarbiyatul Áulâd fil Islâm, artikel ilmiah, dan berita yang menunjang penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan metode simak catat dengan membuat tabel kategorisasi dan pengkodean serta metode studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pandangan ‘Abdullah Nashih ‘Ulwan terhadap pendidikan seksualitas anak adalah termasuk pendidikan dasar yang menjadi hak anak dan tanggung jawab orang tua maupun pendidik. (2) Konsep pendidikan seksualitas anak dalam kitab Tarbiyatul Áulâd fil Islâm memuat dari (a) Definisi pendidikan seksualitas adalah upaya memberikan pemahaman, menyadarkan anak tentang isu-isu seksualitas hingga pernikahan, (b) Tujuan pendidikan seksualitas anak adalah agar ketika anak memasuki usia baligh dan memahami hal-hal yang berkaitan dengan hidupnya, anak dapat membedakan halhal yang halal dan haram, serta telah terbiasa dengan akhlak Islam, (c) materi pendidikan seksualitas dibagi menjadi empat tahap yang memuat pengajaran tentang etika, perubahan ketika baligh, hukum-hukum syar’i ketika menuju dewasa serta dalam pernikahan, dan (d) Metode pendidikan seksualitas dapat diajarkan dengan menggabungkan metode teladan, nasihat, kebiasaan, perhatian, pengawasan hingga memberi hukuman. Kata Kunci: Konsep Pendidikan Seksualitas, Anak, Kitab Tarbiyatul Áulâd fil Islâm %Z Yuli Kuswandari, S.Pd., M.Hum.