eprintid: 74672 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12241 dir: disk0/00/07/46/72 datestamp: 2025-12-17 07:07:16 lastmod: 2025-12-17 07:07:16 status_changed: 2025-12-17 07:07:16 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: sophanshofwan@gmail.com creators_name: Durrotun Nafisah, NIM.: 21104010026 title: IMPLEMENTASI METODE SOROGAN BUKU SEBAGAI SARANA LITERASI AGAMA SISWI KELAS X-J DI MADRASAH ALIYAH ALI MAKSUM PONDOK PESANTREN KRAPYAK ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: implementasi, sorogan buku, literasi agama note: Sri Purnami, S.Psi. M.A abstract: Latar belakang masalah penelitian ini adalah kurangnya literasi yang ada di Indonesia salah satunya literasi agama, hal ini bisa dipicu dari kebiasaan dan juga lingkungan sekitar yang tidak mendukung. Literasi agama memiliki peran penting dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karenanya penulis meneliti upaya yang dilakukan MA Ali Maksum untuk meningkatkan literasi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan implementasi metode sorogan buku sebagai sarana literasi agama siswi kelas X-J di MA Ali Maksum Pondok Pesantren Krapyak. 2) untuk menganalisis respon siswi pada kegiatan literasi sorogan buku sebagai sarana literasi agama siswi kelas X-J di MA Ali Maksum Pondok Pesantren Krapyak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian lapangan (field research) dengan subjek yang diteliti siswi kelas X-J. Pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Adapun pengecekan keabsahan data menggunakan tringuasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Implementasi sorogan buku dilakukan melalui 3 tahapan, yaitu : tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Pada tahapan perencanaan dimulai dengan rapat panitia, pemuatan jadwal, dan rapat guru penguji. Kemudian dilanjutkan dengan tahap pelaksanaan dengan peserta didik meresum buku yang dipinjam dari perpustakaan. Setelah itu kemudian pada tahap evaluasi dilakukan dengan ujian sorogan buku oleh guru penguji. 2). Respon siswi dengan adanya kegiatan ini terbagi menjadi 2, yaitu respon secara umum dan individu. Secara umum peserta didik mampu bersemangat dalam melakukan sorogan buku. Sedangkan secara individu mereka senang dengan adanya kegiatan ini karena mampu menubuhkan motivasi belajar. Kata kunci : implementasi, sorogan buku, literasi agama date: 2025-08-20 date_type: published pages: 183 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Durrotun Nafisah, NIM.: 21104010026 (2025) IMPLEMENTASI METODE SOROGAN BUKU SEBAGAI SARANA LITERASI AGAMA SISWI KELAS X-J DI MADRASAH ALIYAH ALI MAKSUM PONDOK PESANTREN KRAPYAK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/74672/1/21104010026_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/74672/2/21104010026_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf