%0 Thesis %9 Skripsi %A Puspita Endah Murniati, NIM.: 18104030020 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2025 %F digilib:74675 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Kegiatan Menyanyi, Percaya Diri, Anak Usia 3-4 tahun. %P 126 %T PENERAPAN KEGIATAN MENYANYI UNTUK STIMULASI PERCAYA DIRI ANAK USIA 3-4 TAHUN DI KBIT SAKINAH CERIA MEDARI CILIK CATUR HARJO SLEMAN YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/74675/ %X Kegiatan Menyanyi merupakan kegiatan yang dimasukkan di dalam jam KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) yang disesuaikan dengan karaktrer anak usia dini. Berbeda dengan sekolah yang biasanya diselenggarakan saat setelah jam sekolah, dan bertujuan untuk stimulasi percaya diri anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan kegiatan menyanyi untuk stimulasi percaya diri anak usia 3-4 tahun di KBIT Sakinah Ceria Medari Cilik Catur Harjo Sleman Yogyakarta, serta apa saja faktor penghambat dan faktor pendukung dalam penerapan kegiatan menyanyi tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subyek penelitian meliputi peserta KBIT Sakinah Ceria kelas Gajah, kepala Sekolah KBIT Sakinah Ceria, guru kelas Gajah, dan pembimbing kegiatan menyanyi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tahap reduksi data, tahap penyajian data, dan tahap pengambilan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan kegiatan menyanyi untuk stimulasi percaya diri anak usia 3-4 tahun yang dilaksanakan di KBIT Sakinah Ceria Medari Cilik Catur Harjo Sleman Yogyakarta melalui tahapan perencanaan, tahapan pelaksanaan, dan evaluasi. (2) Hasil stimulasi percaya diri dengan penerapan kegiatan menyanyi meningkat pada 5 indikator percaya diri diantaranya: mampu memotivasi diri, optimis, berani mencoba, bisa membuat keputusan, dan memiliki tanggung jawab tinggi. (3) Faktor penghambat diantaranya: masih adanya anak yang kurang berani saat tampil sendiri, ditemukan anak yang memiliki masalah speech delay, ditemukan beberapa anak yang masih sulit diatur dan tergantung dengan moody setiap anak, dan faktor pendukung diantaranya: ketertarikan dan semangat anak-anak yang tinggi, tempat kegiatan yang aman dan nyaman, dan sarana dan prasarana yang tersedia. Kata Kunci: Kegiatan Menyanyi, Percaya Diri, Anak %Z Dr. Rohinah, S. Pd. I., M. A.