%0 Thesis %9 Skripsi %A Nadilah Khoirunnisa, NIM.: 18104020083 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2025 %F digilib:74676 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Analisis, Modul Asyik Belajar, Tinjauan %P 110 %T ANALISIS “MODUL ASYIK BELAJAR BAHASA ARAB” JILID 1 KARYA MUALLIM AL MAHMUDI %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/74676/ %X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keberadaan sebuah modul pembelajaran Bahasa Arab yang dinilai cocok dan menarik bagi pemula, yaitu Modul Asyik Belajar Bahasa Arab jilid 1 Karya Muallim Al-Mahmudi. Oleh karena itu, diperlukan penelitian yang mampu menelaah modul tersebut. Penelitian ini merupakan jenis riset kepustakaan (library research) dengan pendekatan deskriptif. Objek penelitian ini adalah Modul Asyik Belajar Bahasa Arab jilid 1 Karya Muallim Al-Mahmudi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Modul Asyik Belajar Bahasa Arab jilid 1 Karya Muallim Al Mahmudi telah memenuhi kriteria standar penilaian berdasarkan ketetapan dari Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Adapun hasil penelitian sebagai berikut: 1). Kelayakan isi materi dngan skor 4. Materi telah mencakup seluruh pembahasan, namun belum sepenuhnya memotivasi peserta didik untuk menggali informasi lebih lanjut, 2) kelayakan Bahasa dengan skor 5. Dalam modul ini menggunakan Bahasa yang baik dan baku serta jelas dipahami, 3). Kelayakan penyajian dengan skor 5, 4). Kelayakan grafik skor 5. Sedangkan menurut teori Greene dan Petty bahwa modul “Modul Asyik Belajar Bahasa Arab” Jilid 1 Karya Muallim Al Mahmudi ini termasuk modul yang baik dan berkualitas yang dibuktikan dengan terpenuhinya sepuluh kriteria buku yang baik menurut Greene dan Petty. Kata Kunci : Analisis, Modul Asyik Belajar, Tinjauan kelayakan, Bahasa Arab %Z Nurul Huda, S.S., M.Pd.I.