TY - THES N1 - Nurhapsari Pradnya Paramita, M.Pd.I. ID - digilib74677 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/74677/ A1 - Zuhriyyatun Nayyiroh, NIM..18104020070 Y1 - 2025/08/20/ N2 - Pembelajaran bahasa Arab sebagai salah satu mata pelajaran penting di madrasah memiliki tantangan tersendiri dalam hal keterlibatan siswa dan pemahaman materi yang mendalam. Oleh karena itu, diperlukan inovasi dan strategi pembelajaran yang mampu memotivasi siswa serta memfasilitasi proses aktif dalam menemukan pengetahuan secara mandiri. Model discovery learning merupakan pendekatan pembelajaran yang menekankan pada penemuan sendiri oleh siswa melalui proses eksplorasi, observasi, dan pemecahan masalah secara langsung. Penerapan model ini diharapkan dapat meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam proses belajar bahasa Arab serta memperkuat pemahaman mereka terhadap konsep-konsep dasar bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model discovery learning dalam pembelajaran Bahasa Arab di MTsN 6 Madiun pada tahun ajaran 2024/2025. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model discovery learning ini dalam pelaksanaannya ada beberapa tahapan diantaranya stimulus, identifikasi masalah, pengumpoulan data, pemecahan masalah,pembuktian serta Kesimpulan. Untuk kelebihan model discovery learning yaitu siswa lebih aktif, bertanggung jawab dan percaya diri sedangkan kekurangannya yaitu membutuhkan waktu yang lebih lama dan lain-lain. Kata kunci: Discovery Learning, Bahasa Arab,Siswa PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Discovery Learning KW - Bahasa Arab KW - Siswa M1 - skripsi TI - PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTSN 6 MADIUN TAHUN PELAJARAN 2024/2025 AV - restricted EP - 114 ER -