eprintid: 7496 rev_number: 30 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/00/74/96 datestamp: 2013-05-01 10:21:07 lastmod: 2016-09-26 07:26:05 status_changed: 2013-05-01 10:21:07 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: NURUL LAILY , NIM. 07390095 title: PENGARUH TANGIBILITY, PERTUMBUHAN PENJUALAN, PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP STRUKTUR MODAL DAN HARGA SAHAM PERUSAHAAN PERTAMBANGAN DI DAFTAR EFEK SYARIAH TAHUN 2002-2010 ispublished: pub subjects: KB divisions: jur_kei full_text_status: restricted abstract: Struktur modal adalah suatu tolok ukur untuk mengetahui apakah kebijakan pendanaan yang diambil manajemen dapat meningkatkan nilai perusahaan atau tidak. Dan jika nilai suatu perusahaan telah meningkat dengan cukup signifikan melalui beberapa kebijakan dan keputusan manajemennya, apakah hal ini juga telah mampu meningkatkan harga saham perusahaan tersebut. Hal inilah yang melatarbelakangi penelitian ini, yakni bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel tangibility, pertumbuhan penjualan, profitabilitas, dan ukuran perusahaan terhadap struktur modal dan harga saham. Data dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diambil dari perusahaan tambang di Daftar Efek Syariah, yang dipublikasikan melalui ICMD dari tahun 2002 sampai 2010. Analisis dalam penelitian ini menggunakan Struktural Equation Modelling. Dari hasil olah data menunjukkan bahwa: 1) tangibility tidak berpengaruh signifikan terhadap struktur modal, 2) pertumbuhan penjualan berpengaruh signifikan terhadap struktur modal, 3) profitabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap struktur modal, 4) ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap struktur modal, 5) tangibility tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham, 6) pertumbuhan penjualan tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham, 7) profitabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham, 8) ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham, 9) struktur modal tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Dari Sembilan variabel yang diteliti, hanya pertumbuhan penjualan yang berpengaruh signifikan terhadap struktur modal, sedangkan delapan variabel yang lain tidak berpengaruh. Hasil analisis ini bisa diterima meskipun banyak yang tidak signifikan, karena perusahaan yang masuk dalam DES telah melalui proses screening yang ketat, dan hanya perusahaan yang benar-benar memenuhi kriteria yang dapat masuk di Daftar Efek Syariah. Kata kunci : SEM, AMOS, Tangibility, Growth, Profitabilitas, Size, Struktur Modal, Harga Saham. date: 2013-01-17 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS SYARIAH DAN HUKUM thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: NURUL LAILY , NIM. 07390095 (2013) PENGARUH TANGIBILITY, PERTUMBUHAN PENJUALAN, PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP STRUKTUR MODAL DAN HARGA SAHAM PERUSAHAAN PERTAMBANGAN DI DAFTAR EFEK SYARIAH TAHUN 2002-2010. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7496/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7496/2/BAB%20II%2C%20III.pdf