@phdthesis{digilib7527, month = {February}, title = {IMPLEMENTASI LECTORA INSPIRE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS XI AGAMA DI MAN GODEAN TAHUN AJARAN 2012/2013 }, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM.09420092 AULINE OKTARIA }, year = {2013}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7527/}, abstract = {Auline Oktaria. Implementasi Lectora Inspire sebagai Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas XI Agama di MAN Godean Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi media Lectora Inspire sebagai upaya dalam meningkatkan minat belajar bahasa Arab siswa kelas XI Agama MAN Godean Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian adalah seluruh siswa kelas XI Agama MAN Godean Yogyakarta tahun pelajaran 2012/2013, jumlah siswa adalah sebanyak 15 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi, wawancara bebas terpimpin, catatan lapangan, dokumentasi dan angket. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif namun juga didukung dengan data kuantitatif. Analisis data kualitatif dengan melalui beberapa langkah yaitu: pengumpulan data, reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan. Sedangkan analisis data kuantitatif yaitu data hasil observasi dan angket minat siswa dengan menghitung prosentase tiap indikator dari lembar observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran bahasa Arab dengan media Lectora Inspire dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas XI Agama MAN Godean. Pada siklus I presentase minat belajar siswa sebesar 74\% dengan kategori tinggi, pada siklus II presentase sebesar 80\% dengan kategori tinggi, dan pada siklus III presentase minat siswa sebesar 86\% dengan kategori tinggi. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan minat belajar siswa setelah akhir tindakan dengan menggunakan media Lectora Inspire; (2) pembelajaran bahasa Arab dilaksanakan di laboratorium komputer dan di kelas dengan menggunakan proyector. Pada saat pembelajaran di laboratorium komputer, siswa dapat belajar mandiri karena Lectora Inspire sudah menyediakan materi disertai dengan instruksi dan latihan soal di dalamnya, sedangkan guru hanya berperan sebagai fasilitator, sehingga terbentuklah pembelajaran siswa aktif. Materi yang disajikan melalui Lectora Inspire dilengkapi dengan berbagai animasi, gambar, warna dan suara, sehingga tidak membuat siswa jenuh. Pada saat pembelajaran di kelas, siswa membentuk kelompok diskusi dalam proses pembelajaran, terdapat panduan diskusi pada Lectora Inspire yang ditampilkan melalui proyektor; (3) hal-hal yang membuat siswa merasa berminat terhadap pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan media Lectora Inspire yaitu: adanya reward berupa pujian dan aplause, penguat, guru lebih banyak memotivasi siswa, menciptakan suasana pembelajaran aktif dan menyenangkan. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Lectora Inspire, Minat Belajar } }