@phdthesis{digilib7547, month = {January}, title = {PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN MULTIPLE INTELLIGENCES SISWA SMP N 1 BOROBUDUR }, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 09410031 FARIDA RIFQI AMALIA }, year = {2013}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7547/}, abstract = {FARIDA RIFQI AMALIA. Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengembangkan Multiple Intelligences Siswa SMP N 1 Borobudur. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2013. Latar belakang penulisan ini adalah peran guru PAI dalam mengembangkan multiple intelligences siswa yang perlu diterapkan dalam lembaga pendidikan formal, yaitu sekolah. Peran guru PAI dalam mengembangkan multiple intelligences siswa SMP N 1 Borobudur memiliki tujuan untuk menemukan kecerdasan yang dimiliki siswa, karena masing-masing siswa tentu memiliki minimal satu kelebihan yang bisa dioptimalkan menjadi sebuah kecerdasan yang dominan atau unggul. Untuk mengembangkan multiple intelligences siswa diperlukan peran besar dari guru untuk mengelola pembelajaran dengan baik, meliputi materi yang akan disampaikan sesuai dengan kemampuan siswa serta teknik penyampaian pembelajaran yang dapat merangsang kreatifitas siswa. Pengembangan multiple intelligences siswa bukan hanya tanggung jawab dari seorang guru PAI, melainkan tanggung jawab dari seluruh tenaga edukatif yang berada di sekolah ini. Penulisan ini merupakan penulisan kualitatif dengan mengambil latar di SMP N 1 Borobudur. Subjek penulisan ini adalah guru PAI, kepala sekolah, dan siswa kelas VII dan VIII SMP N 1 Borobudur. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi partisipasi, wawancara tak berstruktur, serta dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pendekatan induktif, yakni pembahasan yang diawali dari suatu peristiwa atau keadaan khusus kemudian ditarik kesimpulan yang bersifat umum. Penulisan ini mengamati fenomenafenomena di lapangan yang meliputi tingkah laku belajar siswa, tingkah laku mengajar guru, serta kegiatan pembelajaran antara guru dengan siswa. Hasil penulisan menunjukkan: (1) Peran guru PAI yang terlihat dalam pengembangan multiple intelligences siswa SMP N 1 Borobudur adalah sebagai berikut: peran guru PAI sebagai sumber belajar atau pengajar, pembimbing, fasilitator, pengelola kelas, motivator, evaluator, dan supervisor. (2) Faktor pendukung pengembangan multiple intelligences siswa meliputi: kemampuan guru dalam menghadirkan suasana kelas yang kondusif, kegiatan sekolah yang bisa dipilih sesuai dengan bakat dan minat siswa, tersedianya prasarana yang memadai, serta tersedianya akses informasi dan sumber buku. Adapun faktor penghambat pengembangan multiple intelligences siswa meliputi: kurangnya sarana pembelajaran yang memadai, belum adanya persepsi yang sama antar guru, belum maksimalnya pengembangan multiple intelligences yang dilakukan oleh guru PAI, serta kurangnya kemampuan guru dalam mengimplementasikan pengembangan multiple intelligences dalam setiap mata pelajaran. (3) Solusi sekolah mengatasi hambatan pengembangan multiple intelligences siswa meliputi: melengkapi fasilitas sarana pembelajaran, adanya briefing rutin oleh kepala sekolah, mengikutsertakan guru dalam pelatihan atau workshop, serta mengikutsertakan guru dalam MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran). } }