@phdthesis{digilib7558, month = {February}, title = {MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA KELAS X TKR (TEKNIK KENDARAAN RINGAN) DI SMK MUHAMMADIYAH 2 PLAYEN (Tinjauan Actuiting dalam Manajemen) }, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM: 09420098 NURUL FAIQAH }, year = {2013}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7558/}, abstract = {Nurul Faiqah, Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab Pada Kelas X TKR (Teknik Kendaraan Ringan) di SMK Muhammadiyah 2 Playen (Tinjauan Actuiting dalam Manajemen). Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran bahasa arab pada kelas X TKR di SMK Muhammadiyah 2 Playen dan mengetahui bagaimana manajemen pembelajaran bahasa arab yang ditinjau dari actuating (dorongan) dalam pembelajaran bahasa arab pada kelas X TKR di SMK Muhammadiyah 2 Playen. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan atau field research yaitu penelitian dengan menggunakan informasi yang diperoleh dari sasaran atau subjek penelitian yang selanjutnya disebut informen atau responden. Adapun metode pengumpulan data yang dilakukan oleh peniliti yaitu, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan oleh peneliti yaitu analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran bahasa arab yang dilakukan oleh guru bahasa arab di kelas X TKR, secara umum dapat dikatakan baik dan berjalan lancar. Hal ini dapat dilihat dari komponen-komponen dalam pembelajaran yang sudah terpenuhi, seperti ; tujuan pembelajaran, pendekatan, metode, strategi, bahan ajar, media dan pengelolaan kelas dan lainnya. Adapun manajemen pembelajaran bahasa arab yang dilaksanakan guru kelas X TKR yang ditinjau dari actuating (dorongan) bahwa guru selalu memberikan motivasi dan dorongan kepada siswa dalam belajar bahasa arab baik sebelum atau sesudah praktek pembelajaran. } }