%A NIM: 09410046 NURUL MAHFUDZOH %T UPAYA GURU AL-QUR’AN HADITS DALAM MENARIK MINAT HAFALAN AL-QUR’AN SISWA DI MTS SUNAN PANDANARAN %X NURUL MAHFUDZOH. Upaya Guru al-Qur’an Hadits dalam Menarik Minat Hafalan al-Qur’an Siswa di MTs Sunan pandanaran. Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar Madrasah Tsanawiyah Sunan Pandanaran Sleman Yogyakarta. Munculnya fenamena proses pembelajaran al-Qur’an Hadits di madrasah-madrasah pada umumnya membuat ketertarikan penulis untuk melakukan obeservasiyang dilanjutkan penelitian. Metode pembelajaran al-Qur’an Hadits di madrasah secaraumum tidak ada spesifikasi yang melahirkan sebuah trobosan untukproses pengembangan keilmuan. Setelah melakukan observasi di MTs Sunan Pandanaran, penulis menemukan fakta lapangan yang mengungkap tentang adanya upaya guru mata pelajaran al-Qur’an Hadits dalam menarik minat hafalan al-Qur’an siswa. Fakta ini menimbulkan keterkarikan Penulis untuk melakukan penelitian ilmiah dalam bentuk skripsi tentang metode pembelajaran apa yang digunakan dalam pebelajaran al-Qur’an Hadits? Selain itu faktor-faktor apa yang dapat menghambat dari proses menghafalkan al-Qur’an pada siswa di MTs Sunan Pandanaran ? Dan terkahir, tentang hasil apa yang didapatkan dalam upaya guru mata pelajaran al-Qur’an Hadits dalam menarik minat hafalan al-Qur’an siswa di MTs Sunan Pandanaran. Dari rumusan masaah tersebut didapat sebuah jawaban tentang metode pembelajaran al-Qur’an Hadits di MTs Sunan Pandanaran yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran kombinasi antara diskusi dan mencatat, plus ditambah dengan adanya metode sorogan. Untuk faktor yang menjadi hambatan dalam menghafalkan al-Qur’an pada siswa di MTs Sunan Pandanaran lebih didominasi oleh faktor yang ada pada diri sendiri seperti malas dan jenuh. Sedangkan hasilyang peroleh dari penggunaan metode pembelajaran al-Qur’an Hadits diatas adalah adanya tambahan hafalan al-Qur’an siswa, adanya perbaikan bacaan al-Qur’an sesuai dengan ilmu tajwid, dan dapat memberikan tambahan motivasi dalam menghafal al-Qur’an. %D 2012 %I UIN SUNAN KALIJAGA %L digilib7559