%0 Thesis %9 Skripsi %A NURUL SHOLIKHAH RAHMAWATI , NIM. 09410047 %B FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2012 %F digilib:7560 %I UIN SUNAN KALIJAGA %T IMPLEMENTASI PENDIDIKAN HUMANISTIK DALAM METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD N 2 DRONO DRONO, NGAWEN, KLATEN, JAWA TENGAH %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7560/ %X NURUL SHOLIKHAH RAHMAWATI. Implementasi Pendidikan Humanistik dalam Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD N 2 Drono Ngawen Klaten. Skripsi, Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2012. Latar belakang penelitian ini adalah pada era sekarang ini sistem pendidikan sering menjadikan anak didik sebagai manusia-manusia yang terasing dan tercabut dari realitas sekitarnya, karena guru telah mendidik mereka menjadi orang lain dan bukan menjadi dirinya sendiri. Akhirnya pendidikan bukan menjadi sarana untuk menumbuhkembangkan potensipotensi anak didik akan tetapi malah menjadikan mereka sebagai manusiamanusia yang siap cetak untuk kepentingan tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk melihat adanya implementasi pendidikan humanistik dalam metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD N 2 Drono. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan untuk menyempurnakan pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD N 2 Drono yang mengimplementasikan pendidikan humanistik dalam metode pembelajarannya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) secara kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan (observasi), wawancara yang mendalam dan dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan deskriptif-analitik yaitu menjabarkan dan menganalisis secara kritis segala fenomena yang ditentukan di lapangan sehingga menghasilkan kesimpulan penelitian yang obyektif. Adapun proses berikutnya adalah: menelaah sumber data, reduksi data, menyusun data dalam satu kesatuan dan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan dalam pelaksanaan pembelajaran PAI di kelas 3 SD N 2 Drono Ngawen Klaten dalam perencanaanya dapat terlihat dari RPP yang sudah dibuat oleh guru PAI di SD N 2 Drono Ngawen Klaten. Dalam pengelolaan pembelajaran PAI guru menerapkan beberapa metode yang diantaranya metode ceramah, tanya jawab, diskusi, dan demonstrasi. Implementasi pendidikan humanistik dalam metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD N 2 Drono Ngawen Klaten dapat dilihat dalam proses pembelajaran PAI. Guru sudah cukup mampu mengimplementasikan pendidikan humanistik kedalam metode pembelajaran PAI. Hal ini dapat dilihat dalam pembelajaran yang sudah ada interaksi yang komunikatif antara guru dengan siswa maupun siswa dengan siswa lainnya, penciptaan suasana kelas yang nyaman tanpa ancaman, siswa dilibatkan secara aktif dalam proses pembelajaran sehingga pembelajran menjadi berpusat kepada siswa, guru bertindak sebagai faslitator, serta siswa diberikan kebebasan untuk memberikan pendapat. Pendidikan humanistic Rogers dapat sudah diterapkan oleh guru PAI misalanya denagan adanya pendidikan terbuka, pendidikan mandiri, dan pendidikan yang berpusat pada siswa.