@phdthesis{digilib7561, month = {January}, title = {PENDIDIKAN AKHLAK PADA REMAJA DUSUN TANJUNG UMBULMARTANI NGEMPLAK SLEMAN (STUDI KASUS MAJELIS SHOLAWAT WAHDATUL MUQORROBIN) }, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 08410138 OKTAVIYAN GALANG A. S }, year = {2013}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7561/}, abstract = {OKTAVIYAN GALANG A.S. Pendidikan Akhlak Pada Remaja Dusun Tanjung Umbumartani Ngemplak Sleman (Studi Kasus Majelis Sholawat Wahdatul Muqorrobin). Skripsi Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga. 2013. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa pendidikan akhlak sangat penting dalam kehidupan. Pendidikan akhlak tidak hanya disampaikan melalui pendidikan formal (pendidikan sekolah) saja namun juga harus didukung oleh lembaga pendidikan lain yaitu pendidikan non formal (pendidikan luar sekolah). Pendidikan akhlak sangatlah luas cakupan dan materinya sehingga jam pelajaran yang digunakan untuk mata pelajaran agama Islam dirasa sangat kurang. Untuk itu diperlukan pendidikan dan pembinaan tentang akhlak di luar sekolah. Majelis sholawat Wahdatul Muqorrobin yang kegiatnnya selain membaca sholawat yang diiringi dengan tabuhan hadroh namun juga disampaikan materi yang berkenaan dengan pendidikan akhlak khususnya remaja dusun Tanjung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan majelis sholawat dalam membina akhlak remaja dusun Tanjung serta mengetahui bagaimana pelaksanaannya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar majelis Wahdatul Muqorrobin. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun pendekatannya menggunakan pendekatan fenomenologis. Analisa data dilakukan dengan mereduksi data yaitu dengan pemilihan, penyederhanaan dan transformasi data kasar dari lapangan kemudian penyajian data disusun dengan teks naratif serta disusun dengan sitematis dalam bentuk tema-tema pembahasan sehingga mudah dipahami. Hasil penelitian menunjukkan: (1) pendidikan akhlak yang dikemas melalui kesenian hadroh yang mengiringi pembacaan sholawat sehingga memunculkan perasaan senang, gembira dan semangat untuk lebih memperbaiki diri. Selain itu pesan-pesan yang terkandung dalam bait-bait syair dalam lagu sholawat yang mudah meresap dan mudah dipahami sehingga dapat menjadi media pendidikan yang efektif. (2) Pelaksanaan pendidikan akhlak yang dilakukan diantaranya dengan penyampaian materi mengenai akhlak, disampaikan dengan beberapa metode yaitu ceramah, diskusi, tanya jawab, keteladanan serta dengan nasehat-nasehat, namun dapat juga disampaikan melalui syair-syair sholawat dari bahasa jawa maupun arab yang terdapat banyak pesan tentang kebaikan.} }