@phdthesis{digilib7566, month = {February}, title = {KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM PEMBELAJARAN QUR?AN HADITS DI SMK MUHAMMADIYAH 2 PLAYEN GUNUNGKIDUL }, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 09410160 RIA NURHAYATI }, year = {2013}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7566/}, abstract = {RIA NURHAYATI. Kompetensi Profesional Guru dalam Pembelajaran Qur?an Hadits di SMK Muhammadiyah 2 Playen Gunungkidul. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya pembelajaran Qur?an Hadist sebagai upaya membekali peserta didik dengan dalil-dalil yang terdapat dalam Al Qur?an dan Hadist sebagai pedoman dalam menyikapi dan menghadapi kehidupan serta meningkatkan pemahaman dan pengamalan isi kandungan Al Qur?an dan Hadist yang dilandasi oleh dasar-dasar keilmuan tentang Al Qur?an dan Hadist. Untuk mencapai tujuan tersebut maka perlu diimbangi dengan adanya tenaga pendidik yang berkompeten. Salah satu kompetensi yang harus dimiliki seorang pendidik adalah kompetensi profesional, yaitu kemampuan mengusai materi pembelajaran. Adanya guru Qur?an Hadist yang merangkap mengampu mengajar mata pelajaran lain menjadi perhatian peneliti untuk meneliti tentang kompetensi profesional yang dimiliki guru tersebut. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan pembelajaran Qur?an Hadist di SMK Muhammadiyah 2 Playen serta bagaimana kompetensi profesional guru pada pembelajaran Qur?an Hadist di SMK Muhammadiyah 2 Playen. Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi kualitatif dengan mengambil latar SMK Muhammadiyah 2 Playen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pembelajaran Qur?an Hadist dan kompetensi profesional guru pada pembelajaran Qur?an Hadist di SMK Muhammadiyah 2 Playen. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap yang berhasil dikumpulkan kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) proses pembelajaran Qur?an Hadist di SMK Muhammadiyah 2 Playen sudah sesuai dengan kurikulum yang telah ditetapkan dari PWM. Tujuan dan materi pembelajaran disesuaikan dengan kurikulum yang ada. Sedangkan metode, media dan evaluasi disesuaikan dengan materi pembelajaran. (2) kompetensi guru pada pembelajaran Qur?an Hadist di SMK Muhammadiyah 2 Playen sudah baik. Hal ini dapat terlihat dari kemampuan guru dalam menguasai, mengembangkan materi, penggunaan media sesuai perkembangan teknologi informasi serta melakukan upaya meningkatkan kompetensi profesional. } }