%A NIM. 09410119 ROCHMAN SULISTIYO %T EFEKTIVITAS METODE SOROGAN TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SANTRI DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI TPQ BUSTANUL MUTA’ALLIMIN DUSUN SESEH NGADISEPI GEMAWANG TEMANGGUNG %X ROCHMAN SULISTIYO, Efektivitas Metode Sorogan Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Santri dalam Pembelajaran Al-Qu’an di TPQ Bustanul Muta’allimin Dusun Seseh Ngadisepi Gemawang Temanggung, Yogyakarta, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2012. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa metode sorogan merupakan satusatunya metode yang dipergunakan dalam kegiatan pembelajaran Al-Qur’an di TPQ Bustanul Muta’allimin, akan tetapi meskipun hanya menggunakan satu metode yaitu metode sorogan, kegiatan pembelajaran di TPQ Bustanul Muta’allimin ini tetap berjalan dengan efektif dan efisien, hasil dari kegiatan pembelajaran tersebut mendapatkan hasil yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an dengan metode sorogan di TPQ Bustanul Muta’allimin, untuk mengetahui motivasi belajar santri dalam pembelajaran Al- Qur’an di TPQ Bustanul Muta’allimin dengan menggunakan metode sorogan dan untuk mengetahui efektivitas metode sorogan terhadap peningkatan motivasi belajar santri. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, metode yang digunakan dalam kegiatan penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Analisa data dilakukan dengan cara memberikan makna terhadap data yang sudah berhasil dikumpulkan, penyajian data yang sudah berhasil dikumpulkan dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Pelaksanaan pembelajaran sorogan Al- Qur’an di TPQ Bustanul Muta’allimin dilaksanakan dengan dibagi menjadi 3 kelas yaitu kelas Ula, Tsani dan Wustho, adapun teknisnya dilaksanakan dengan sistem individual yaitu santri menghadap kyai untuk membaca atau menghafal Al-Qur’an secara bergantian dihadapan ustadz, 2) Motivasi belajar santri dalam pembelajaran Al-Qur’an dengan metode sorogan meningkat, 3) Efektivitas Metode Sorogan terhadap peningkatan motivasi belajar santri “Efektif” yaitu dapat diketahui dari peningkatan indikator motivasi belajar menggunakan analisa rata-rata angket(mean) sebelum dan sesudah menerapkan metode sorogan, peningkatan motivasi belajar yang semula berada pada angka 3,40 meningkat menjadi 3,46, kemampuan bacaan Al- Qur’an santri yang semula berada pada angka 2,76 meningkat menjadi 3,5, sikap santri dalam belajar Al-Qur’an yang semula berada pada angka 2,46 meningkat menjadi 3,66. %D 2012 %I UIN SUNAN KALIJAGA %L digilib7567