%A NIM. 09410139 ROHENI %T EFEKTIVITAS PROGRAM APLIKASI METODE IQRO’ KLASIK PADA PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADIŚ SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA %X Roheni. Efektivitas Program Aplikasi Metode Iqro’ Klasik Pada Pembelajaran Al-Qur’an Hadiś Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. 2012. Penelitian ini memiliki latar belakang tentang pentingnya mempelajari Al- Qur’an dengan baik dan benar sesuau dengan kaidah ilmu tajwid, karena kitab suci Al-Qur’ān merupakan sumber petunjuk dan ilham abadi bagi kehidupan manusia, baik individual maupun kolektif, serta dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengikuti pembelajaran keagamaan yang didalamnya terdapat ayat atau dalil-dalil. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengetahui Proses Program Aplikasi Metode Iqro’ Klasik terhadap pembelajaran Al-Qur’an Hadiś siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman Yogyakarta; (2) Efektivitas Program Aplikasi Metode Iqro’ Klasik terhadap pembelajaran Al-Qur’an Hadiś siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman Yogyakarta. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan sosiologi. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode yang digunakan untuk mengananlisis data mengorganisasikan data kedalam kategori, menjabarkan ke dalam unit-unit, melakukan sintesa, menyusun ke dalam pola, memilih mana yang penting dan yang akan dipelajari, dan membuat kesimpulan sehingga mudah dipahami oleh diri sendiri dan orang lain. Pemeriksaan keabsahan data dilakuakn dengan mengadakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) pelaksanaan Program Aplikasi Metode Iqro’ Klasik dilaksanakan hanya bagi mereka yang masih pada tingkatan Iqro’ dan belum mampu membaca Al-Qur’an, sedangkan bagi mereka yang sudah Al- Qur’an tetap mengikuti proses pembelajaran di kelas, karena waktu pelaksanaannya yaitu pada waktu mata pelajaran Al-Qur’an Hadiś dan Bahasa Arab. (2) kegiatan Aplikasi Metode Iqro’ Klasik ditinjau dari segi kemampuan membaca Iqro’ berjalan dengan efektif, hal ini dapat dibuktikan dengan meningkatnya bacaan pada masing-masing bacaan Iqro’ dan dari hasil kemampuan tajwid siswa. (3) kegiatan Aplikasi Metode Iqro’ Klasik juga berjalan efektif ditinjau dari segi KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) mata pelajaran Al- Qur’an Hadiś siswa kelas VII semester ganjil, hal ini dibuktikan dengan jumlah siswa yang mecapai KKM lebih dari 75%. %D 2013 %I UIN SUNAN KALIJAGA %L digilib7568