%0 Thesis %9 Skripsi %A SHALIH ALI MA’RUF, NIM: 08480056 %B FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2013 %F digilib:7571 %I UIN SUNAN KALIJAGA %T METODE PEMBELAJARAN MAHARATUL KITABAH DALAM MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MI DARUL HUDA SUKOHARJO NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7571/ %X Shalih ali ma'ruf, metode pembelajaran msharotul kitsbah dalam mata Pelajaran bahasa arab di mi darul huda sukoharjo ngaglik sleman yogyakarta. Yogyakarta: program studi pendidikan guru madrasah lbtidaiyatr, fakultas Tarbiyah dan keguruan uin sunan kalijaga, 2013. Hal yang melatarbelakangi dalam penelitian ini adalah kemampuan siswa Yang tadinya masih belum mahir dalam bidang menulis bahasa arab, dengan Berlatih dan bersungguh-sungguh belajar menulis sampai akhirnya bisa menulis Dengan metode pengajaran menulis bahasa arab dalam gerakaa menulis yang Benar ataupun yang dilihat dari segi penulisannya tersebut dapat dinilai menarik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif (qualitative reseaeh) dairt Mengambil latar di madrasah ibtidaiyah darul huda sukoharjo ngaglik sleman Yogyakarta, dalam hal ini meneliti bagaimana pembelajaran menulis bahasa arab, Metode pembelajaran dan faktor pendukung dan penghambat. Pengurnpulan data Dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan keabsahqn data dilakukan dengan triangulasi dan disajikan se,cara Kualitatif dan selanjutnya dianalisis menggunakan analisis kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk nnendeskripsikan dan menganalisis secara Kritis tentang pembelajaran menulis bahasa arab, penerapan metode pembelajaran Serta faktor yang mempengaruhi siswa terhadap kemampuan menulis bahasa arab Di mi darul huda sukoharjo ngaglik sleman yogyakarta. Hasit penelitian ini adatah: (1) pembelajaran bahasa arab di mi darul Huda meliputi menulis huruf hijaiyyah, menyambung huruf arab menjadi sebuah Kata menyusun kata mer$adi sebuah kalimat yang baik (2) metode pembelajman Yang dipakai meliputi pendekatan individual dan rasional dengan metode yang Digunakan nrencakup pengajaran khat dan metode pengajaran tmla', serta Pelaksanaan evaluasi rneliputi latihan secara continue dan kntuk penugasan yang Dilakukan oleh siswa (3) harnbatan-hambatan dalam pembelajaran menulis bahasa Arab ialah kurangnya dorongan dari orang tua, kurangnya kerja sama guru dengan Siswa. Adapun usaha guru untuk mengatasinya yaitu dengan mengadakan Hubungan dengan orang tua siswa dalam rangka melibatkan koordinator bimbingan Konseling serta menambah sarana belajar yang lebih mengakti{kan belajar siswa Kata kunci : metode, maharatul kitabsh pembelajaran bahasa arab.