eprintid: 7576 rev_number: 32 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/00/75/76 datestamp: 2013-05-03 14:19:06 lastmod: 2022-05-31 08:57:49 status_changed: 2013-05-03 14:19:06 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: SRI HIDAYATI NUR , NIM. 08420003 title: PENGGUNAAN BUKU AL-‘ARABIYYAH BAINA YADAIK 1 SEBAGAI BAHAN AJAR MATA PELAJARAN BAHASA ARAB SISWA SMPIT ABU BAKAR YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: pba divisions: jur_pba full_text_status: restricted abstract: SRI HIDAYATI NUR. Penggunaan Buku Al-‘Arabiyyah Baina Yadaik 1 sebagai Bahan Ajar Siswa SMPIT Abu Bakar YogyakartaTahun Ajaran 2012-213. Skripsi . Yogyakarta : Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui substansi dan komponen buku al-‘arabiyyah baina yadaik1 sehingga layak dijadikan sebagai bahan ajar di sekolah terutama SMPITAbu Bakar Yogyakarta. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan dalam menentukan metode dan arah pengembangan pendidikan sekaligus menambah wawasan pendidikan bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dan lapangan (field research). Yang menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data diperoleh dari dua sumber, yaitu sumber primer yakni buku al-‘arabiyyah baiana yadaik 1dan hasil pengamatan di SMPIT Abu Bakar Yogyakarta dan sumber skunder yakni buku-buku atau jurnal tentang text book. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, pengamatan, dokumentasi, angket atau kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis isi (content analisys) dan analisis kegiatan (activity analisys). Hasil dari penelitian ini yaitu 1) Buku Al-‘Arabiyyah Baina Yadaik sudah layak dijadikan sebagai bahan ajar disekolah terutama di SMPIT Abu Bakar Yogyakarta karena substansi dan komposisi buku tersebut sudah memenuhi ciri umum dan ciri khusus buku teks. Selain itu buku ini juga sudah memenuhi karakteristik text book yang baik dan memberi manfaat baik bagi lembaga, guru maupun siswa SMPIT Abu Bakar Yogyakarta. 2) kelebihan buku ini adalah bahasa yang digunakan merupakan bahasa Arab fushah, buku ini dilengkapi dengan perangkat audio rekaman suara orang arab asli, buku ini disusun secara sistematis, dan dilengkapi dengan banyak ilustrasi gambar yang berwarna (kurang lebih 1000 gambar). Sedangkan kekurangannya adalah tidak terdapat catatan kaki atau rujukan yang jelas, tidak terdapat daftar pustaka, buku ini hanya terdapat di Saudi Arabiyyah, sehingga harga buku tersebut tergolong mahal yaitu sekitar 27$ untuk setiap jilidnya, buku tersebut sangat tebal atau sekitar 499 halaman setiap jilidnya. 3) Penggunaan buku al-‘arabiyyah baina yadaik dalam pembelajaran bahasa Arab di SMPIT Abu Bakar Yogyakarta masih belum sesuai dengan apa yang ada dibuku dan belum maksimal. Hal ini disebabkan beberapa faktor penghambat diantaranya yaitu latar belakang siswa yang berbeda-beda, tidak adanya sound didalam kelas, dan adanya sarana sekolah yang rusak seperti LCD. date: 2013-02-08 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: SRI HIDAYATI NUR , NIM. 08420003 (2013) PENGGUNAAN BUKU AL-‘ARABIYYAH BAINA YADAIK 1 SEBAGAI BAHAN AJAR MATA PELAJARAN BAHASA ARAB SISWA SMPIT ABU BAKAR YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7576/2/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7576/1/BAB%20II%2C%20III.pdf