eprintid: 7577 rev_number: 29 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/00/75/77 datestamp: 2013-05-03 14:28:30 lastmod: 2018-08-24 08:52:51 status_changed: 2013-05-03 14:28:30 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: SITI ZURAIDA AZIROH , NIM. 08470042 title: METODE PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM NOVEL MOGA BUNDA DISAYANG ALLAH KARYA TERE LIYE DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM ispublished: pub subjects: tykpi divisions: jur_kis full_text_status: restricted abstract: SITI ZURAIDA AZIROH. Metode Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Novel Moga Bunda Disayang Allah Karya Tere Liye Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogykarta. 2013. Penelitian ini memiliki latar belakang bahwa agama Islam adalah agama universal, yang mengajarkan kepada umatnya mengenai berbagai aspek kehidupan. Salah satunya yaitu mewajibkan kepada umat Islam untuk melaksanakan pendidikan. Setiap manusia dikaruniai potensi fitrah yang wajib dijaga, dirawat dan dikembangkan secara optimal. Demikian juga dengan anak yang kurang sempurna fisiknya. Mereka memiliki hak dan kewajiban yang sama untuk mendapatkan pendidikan, sebab yang membedakan manusia satu dengan yang lain hanyalah tingkat ketakwaannya. Sesuai ajaran Islam tersebut, negara Indonesia sebagai negara mayoritas penduduknya muslim, juga mengamanatkan hak atas pendidikan tidak terkecuali anak-anak yang menyandang kekurangan fisik sehingga mereka memerlukan pelayanan pendidikan secara khusus. Media pendidikan sebagai salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan perlu diperhatikan dan tidak terpaku pada bukubuku pelajaran saja, tetapi bisa dikembangkan pada media alternatif lainnya misal melalui karya sastra atau novel. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui metode pembelajaran anak berkebutuhan khusus dalam novel, (2) mengetahui relevansi metode pembelajaran anak berkebutuhan khusus dengan pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan semiotik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif maka metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah metode analisis isi. Hasil penelitian ini menemukan metode pembelajaran anak berkebutuhan khusus dalam novel Moga Bunda Disayang Allah karya TereLiye antara lain: (1) metode pemberian cerita, (2) metode pembiasaan, (3) metode pemberian hukuman, (4) metode pemberian nasehat, (5) metode tadoma, (6) metode pemberian hadiah. Relevansi metode pembelajaran anak berkebutuhan khusus dalam novel Moga Bunda Disayang Allah karya Tere Liye dan pendidikan Islam yaitu: tujuan pendidikan yang menjadikan anak menjadi mandiri. Tujuan pembelajaran dibagi menjadi dua, yakni: tujuan sementara dan tujuan akhir. date: 2013-02-05 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi citation: SITI ZURAIDA AZIROH , NIM. 08470042 (2013) METODE PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM NOVEL MOGA BUNDA DISAYANG ALLAH KARYA TERE LIYE DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7577/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7577/2/BAB%20II%2C%20III.pdf