TY - THES ID - digilib7578 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7578/ A1 - SITI NURUL HIDAYAH , NIM: 09410136 Y1 - 2013/01/17/ N2 - SITI NURUL HIDAYAH. Internalisasi nilai-nilai Islam dalam pembinaan sikap dan perilaku keagamaan siswa di MTs Negeri Wates Kulon Progo. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2012. Latar belakang penelitian ini adalah masalah yang dihadapi siswa remaja memang bukan semata menjadi tanggung jawab guru Pendidikan Agama Islam saja, akan tetapi merupakan tanggung jawab seluruh pihak. Namun, dalam hal ini guru Pendidikan Agama Islam mempunyai peran yang penting karena guru PAI merupakan seseorang yang memiliki kemampuan dan kewenangan dalam menjalankan perannya sebagai pengajar, pembimbing dan pembina ilmu agama. Sekolah sebagai lingkungan sekunder diharapkan untuk dapat memberi pengaruh positif terhadap perkembangan jiwa remaja, karena fungsi sekolah disamping mengajarkan berbagai keterampilan dan kepandaian kepada siswanya juga mengajarkan nilai-nilai agama serta norma yang berlaku di masyarakat. Permasalahan yang diangkat dalam skripsi ini adalah bagaimana proses serta hasil interrnalisasi nilai-nilai Islam dalam pembinaan sikap dan perilaku keagamaan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana proses serta hasil interrnalisasi nilai-nilai Islam dalam pembinaan sikap dan perilaku keagamaan siswa. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan untuk menyempurnakan proses interrnalisasi nilai-nilai Islam dalam pembinaan sikap dan perilaku keagamaan siswa Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan psikologi dengan mengambil lokasi di MTs Negeri Wates Kulon Progo. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mengadakan wawancara, pengamatan dan dokumentasi. Adapun dalam penelitian ini teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan yaitu teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa internalisasi nilai-nilai islam dalam pembinaan sikap dan perilaku keagamaan siswa sudah cukup baik yakni sesuai dengan perencanaan yang disiapkan oleh sekolah, dan ada beberapa siswa yang sebelumnya dianggap akhlaknya kurang baik, setelah dilakukan pembinaan akhlak melalui metode pembiasaan, mengalami perubahan perilaku yang positif. Perilaku positif tersebut meliputi tiga aspek yaitu kecerdasan, spiritual, dan sosial budaya. Perubahan itu dapat terlihat misalnya siswa yang mengikuti aturan yang telah diterapkan oleh sekolah, tingkah lakunya mengarah pada hal yang baik sesuai dengan ajaran agama.Yakni diantaranya berperilaku hormat, disiplin, murah hati dan peduli pada sesama. Internalisasi nilai-nilai Islam melalui kegiatan keagamaan maupun yang bersifat umum di sekolah dapat memberikan pengaruh yang cukup besar dan tinggi terhadap perubahan sikap dan perilaku siswa. Ini terbukti dengan adanya perubahan sikap dan tingkah laku yang ditunjukkan oleh siswa dalam kesehariannya baik di lingkugan sekolah maupun di luar sekolah. PB - UIN SUNAN KALIJAGA KW - Akhlak Islam M1 - skripsi TI - INTERNALISASI NILAI ?NILAI ISLAM DALAM PEMBINAAN SIKAP DAN PERILAKU KEAGAMAAN SISWA DI MTS NEGERI WATES KULON PROGO AV - restricted ER -