eprintid: 7580 rev_number: 29 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/00/75/80 datestamp: 2013-05-03 14:38:57 lastmod: 2018-08-24 09:10:05 status_changed: 2013-05-03 14:38:57 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: SITI MAIMUNAH , NIM. 08410218 title: PENERAPAN STRATEGI COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VII A MADRASAH TSANAWIYAH IBNUL QOYYIM PUTRI YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted abstract: SITI MAIMUNAH. Penerapan Strategi Cooperative Learning Tipe Student Teams-Achievement Divisions (STAD) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VII A Mts Ibnul Qoyyim Putri. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa kelas VII A Mts Ibnul Qoyyim Putri dengan menggunakan strategi cooperative learning tipe student teams-achievement divisions (STAD) dalam pembelajaran SKI. Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya motivasi siswa ketika belajar dikelas, banyak pelajar menganggap belajar adalah aktivitas yang tidak menyenangkan. Sama halnya dengan pembelajaran SKI Mts Ibnul Qoyyim Putri, hal ini disebabkan pembelajaran berlangsung secara monoton, dan tidak melibatkan siswa untuk terlibat aktif. Salah satu upaya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa adalah penerapan strategi Student Teams-Achievement Divisions (STAD) Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif antara guru dengan peneliti, menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc.Taggart yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII A MTs Ibnul Qoyyim Putri berjumlah 29 anak. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis dilakukan dengan menggunakan analisis kualitatif yang didukung dengan data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Motivasi belajar siswa dalam pembelajaran SKI sebelum menggunakan strategi cooperative learning tipe student teams-achievement divisions (STAD) tergolong rendah dikarenakan pembelajaran yang monoton, kurang menarik, suara guru yang lembut dan kurang tegas, dan siswa tidak dilibatkan secara aktif dalam pembelajaran. (2) Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan strategi cooperative learning tipe student teams-achievement divisions (STAD) dalam pembelajaran SKI berjalan dengan baik, hal ini ditunjukkan dengan keaktifan siswa dalam mengikuti pelajaran. (3) Ada peningkatan motivasi belajar siswa kelas VII A Mts Ibnul Qoyyim Putri dalam pembelajaran SKI setelah dilakukan tindakan dengan menggunakan strategi cooperative learning tipe student teams-achievement divisions (STAD). date: 2013-01-30 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi citation: SITI MAIMUNAH , NIM. 08410218 (2013) PENERAPAN STRATEGI COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VII A MADRASAH TSANAWIYAH IBNUL QOYYIM PUTRI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7580/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7580/2/BAB%20II%2C%20III.pdf