<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM UPAYA\r\nMEWUJUDKAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA KEGIATAN\r\nREMAJA MASJID (REMAS) BAITUL HIKMAH SMA NEGERI 3\r\nBANTUL YOGYAKARTA\r\n"^^ . "HUSNI MUBAROK. Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam\r\nUpaya Mewujudkan Pendidikan Karakter pada Kegiatan “Remaja Masjid”\r\n(REMAS) Baitul Hikmah SMA Negeri 3 Bantul Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta:\r\njurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas\r\nIslam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2012.\r\nLatar belakang penelitian ini adalah berawal dari semakin banyaknya\r\npermasalahan dan kasus-kasus sosial yang dialami oleh para remaja khususnya\r\npeserta didik tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA), yang permasalahan tersebut\r\nmerupakan akibat dari mulai lunturnya nilai-nilai karakter yang ada dalam diri\r\nmasing-masing peserta didik. Begitupun juga yang terjadi pada peserta didik\r\nkhususnya para pengurus dan anggota Remaja Masjid (REMAS) Baitul Hikmah\r\ndi SMA Negeri 3 Bantul Yogyakarta, di sanapun tidak luput dari objek pengaruh\r\nbudaya luar. Lunturnya nilai-nilai pendidikan karakter juga terjadi karena\r\nkurangnya peran dari guru PAI dalam memantau perilaku dan pergaulan dalam\r\nkehidupan sehari-hari di lingkungan sekolah. Tujuan dari dilakukannya penelitian\r\nini adalah untuk mendiskripsikan dan menganalisis peran dan upaya guru PAI\r\ndengan segala macam upayanya mewujudkan pendidikan karakter melalui\r\nkegiatan REMAS Baitul Hikmah di SMA Negeri 3 Bantul.\r\nPenelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dengan mengambil\r\nlatar SMA Negeri 3 Bantul Yogyakarta. Pengumpulan data dengan mengadakan\r\nobservasi atau pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini\r\nmenggunakan pendekatan psikologi pendidikan. Pendekatan ini dipilih karena\r\npada asasnya adalah sebuah disiplin psikologi yang khusus mempelajari, meneliti\r\ndan membahas seluruh tingkah laku manusia yang terlibat dalam proses\r\npendidikan. Analisis data dilakukan dengan menyeleksi dan menyusun data yang\r\nsudah diperoleh, kemudian diolah dan dianalisis agar dapat ditarik kesimpulan.\r\nPemeriksaan keabsahan data tersebut di atas dengan menggunakan teknik\r\ntriangulasi.\r\nHasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) peran guru PAI\r\nsebagai konseptor, 2) peran guru PAI sebagai pembina REMAS, 3) peran guru\r\nPAI sebagai pembimbing REMAS, 4) peran guru PAI sebagai penasihat REMAS.\r\nUpaya guru PAI dalam mewujudkan pendidikan karakter di SMA Negeri 3 Bantul\r\nmelalui kegiatan REMAS adalah: 1) menjadi seorang suri teladan, 2) intensifitas\r\nbimbingan, 3) Integrasi Kurikulum, 4) pemaksimalan kontribusi pengelola\r\nsekolah, 5) evaluasi. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa peran guru PAI\r\ndalam mewujudkan pendidikan karakter melalui kegiatan REMAS Baitul Hikmah\r\ndilaksanakan setiap hari di saat kegiatan persekolahan berlangsung, dan upayaupaya\r\nyang dilakukan terkait itu semua sudah berjalan dengan baik, hanya perlu\r\nditingkatkan agar lebih maksimal dan mencapai hasil sesuai yang diharapkan.\r\n\r\n"^^ . "2013-01-08" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 08410069"^^ . "HUSNI MUBAROK "^^ . "NIM. 08410069 HUSNI MUBAROK "^^ . . . . . . "PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM UPAYA\r\nMEWUJUDKAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA KEGIATAN\r\nREMAJA MASJID (REMAS) BAITUL HIKMAH SMA NEGERI 3\r\nBANTUL YOGYAKARTA\r\n (Text)"^^ . . . "PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM UPAYA\r\nMEWUJUDKAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA KEGIATAN\r\nREMAJA MASJID (REMAS) BAITUL HIKMAH SMA NEGERI 3\r\nBANTUL YOGYAKARTA\r\n (Text)"^^ . . . "BAB II, III.pdf"^^ . . . "PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM UPAYA\r\nMEWUJUDKAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA KEGIATAN\r\nREMAJA MASJID (REMAS) BAITUL HIKMAH SMA NEGERI 3\r\nBANTUL YOGYAKARTA\r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM UPAYA\r\nMEWUJUDKAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA KEGIATAN\r\nREMAJA MASJID (REMAS) BAITUL HIKMAH SMA NEGERI 3\r\nBANTUL YOGYAKARTA\r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM UPAYA\r\nMEWUJUDKAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA KEGIATAN\r\nREMAJA MASJID (REMAS) BAITUL HIKMAH SMA NEGERI 3\r\nBANTUL YOGYAKARTA\r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM UPAYA\r\nMEWUJUDKAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA KEGIATAN\r\nREMAJA MASJID (REMAS) BAITUL HIKMAH SMA NEGERI 3\r\nBANTUL YOGYAKARTA\r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM UPAYA\r\nMEWUJUDKAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA KEGIATAN\r\nREMAJA MASJID (REMAS) BAITUL HIKMAH SMA NEGERI 3\r\nBANTUL YOGYAKARTA\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM UPAYA\r\nMEWUJUDKAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA KEGIATAN\r\nREMAJA MASJID (REMAS) BAITUL HIKMAH SMA NEGERI 3\r\nBANTUL YOGYAKARTA\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM UPAYA\r\nMEWUJUDKAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA KEGIATAN\r\nREMAJA MASJID (REMAS) BAITUL HIKMAH SMA NEGERI 3\r\nBANTUL YOGYAKARTA\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM UPAYA\r\nMEWUJUDKAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA KEGIATAN\r\nREMAJA MASJID (REMAS) BAITUL HIKMAH SMA NEGERI 3\r\nBANTUL YOGYAKARTA\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM UPAYA\r\nMEWUJUDKAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA KEGIATAN\r\nREMAJA MASJID (REMAS) BAITUL HIKMAH SMA NEGERI 3\r\nBANTUL YOGYAKARTA\r\n (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . "HTML Summary of #7585 \n\nPERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM UPAYA \nMEWUJUDKAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA KEGIATAN \nREMAJA MASJID (REMAS) BAITUL HIKMAH SMA NEGERI 3 \nBANTUL YOGYAKARTA \n\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Agama Islam"@en . .