%A NIM. 09410137 IDA ARDILA %T RESPONS MASYARAKAT TERHADAP MODEL PENDIDIKAN KARAKTER DI PAMA (PENGAJIAN ANAK-ANAK MASJID AL-HIDAYAH) PAPRINGAN YOGYAKARTA %X IDA ARDILA. Respons Masyarakat terhadap Model Pendidikan Karakter di PAMA Papringan Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2012. Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa model pendidikan yang diterapkan di PAMA sangat mempengaruhi kenyamanan dan semangat terhadap diri santri dalam mengaji dan belajar, khususnya pada proses pelaksanaan pendidikan yang ada di PAMA baik itu pada kegiatan yang ada di intrakurikuler maupun ekstrakurikuler (bidang kreatifitas). Sehingga model pendidikan karakter pada lembaga PAMA Papringan sangat penting untuk dilaksanakan dengan sebaik-baiknya agar dapat tertanam karakter yang baik dalam diri santri sejak dini. Mengingat PAMA merupakan lembaga yang berada di tengah-tengah masyarakat, sudah barang tentu tidak akan terlepas dari perhatian dan pengaruh masyarakat yang ada di sekitarnya, baik itu pada tujuan pendidikan, proses pelaksanaan pembelajaran dan model pendidikan yang diterapkan dalam lembaga PAMA itu sendiri. Hal ini dikarenakan selain masyarakat selalu tumbuh dan berkembang ia juga memiliki identitas dan karakteristik tersendiri sesuai dengan budaya dan latar belakang sosial ekonominya, sehingga identitas dan perkembangan tersebut sedikit banyak akan berpengaruh terhadap lembaga yang ada dalam masyarakat tersebut. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian tentang respons masyarakat terhadap model pendidikan karakter di PAMA Papringan Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar di PAMA (Pendidikan Anak-Anak Masjid Al-Hidayah) dan masyarakat Papringan Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dilakukan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan data dilakukan dengan triangulasi. Hasil penelitian menunjukan: (1) model pendidikan karakter yang diterapkan di PAMA mencakup tujuan pendidikan, model ustadz/ustadzah yang mengajar, proses pelaksanaan yang ada pada intrakurikuler maupun ekstrakurikuler, dan evaluasi pendidikan maupun pembelajaran. Adapun model pendidikan karakter yang diterapkan di PAMA cukup bervariatif dalam menanamkan nilai-nilai terhadap santri, yaitu melalui kegiatan seperti: shalat berjama‟ah, sistem klasikal, rebana, menggambar, mewarnai, puitisasi, nasyid An-Nisa, diba‟an. Kemudian didukung juga dengan kegiatan lainnya yang berada di luar rutinitas PAMA seperti: manasik haji, mabit, ngabuburit dan lain sebagainya. (2) Respons yang diberikan masyarakat sangat positif bahwasanya kepengurusan Agus Mustofa periode 2010/2012 dapat dikatakan mengalami kemajuan dan perkembangan dibanding kepengurusan periode sebelumnya, hal itu dilihat baik dari administrasi yang ada di PAMA maupun model yang diterapkan periode sekarang yang cukup bervariatif. %D 2012 %I UIN SUNAN KALIJAGA %L digilib7586