@phdthesis{digilib7589, month = {December}, title = {PENGARUH GAYA BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AL-QUR?AN AL-HADIS SISWA KELAS VIII SEMESTER GENAP MADRASAH TSANAWIYAH ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2011/2012 }, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 08410099 ISMI KHASANAH}, year = {2012}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7589/}, abstract = {ISMI KHASANAH. Pengaruh Gaya Belajar dan Lingkungan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Al-Qur?an Al-Hadits Siswa Kelas VIII MTs Ali Maksum Krapyak Yogyakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2012. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui gaya belajar, lingkungan belajar dan prestasi belajar siswa kelas VIII di MTs Ali Maksum krapyak Yogyakarta, untuk mengetahui pengaruh gaya belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar Al-Qur?an Hadits siswa kelas VIII semester genap di MTs Ali Maksum Krapyak Yogyakarta, dan untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar dan lingkungan belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Al-Qur?an Hadits siswa kelas VIII semester genap di MTs Ali Maksum Krapyak Yogyakarta. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Ali Maksum Krapyak Yokyakrta tahun pelajaran 2011/2012 sebanyak 130 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara acak (random sampling). Ukuran sampel ditentukan dengan menggunakan taraf kesalahan 5\% sehingga berdasar dari Isaac dan Micahel jumlah sampelnya sebanyak 95 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket dan dokumentasi. Hasil analisis validitas gaya belajar menunjukkan dari 40 butir angket terdapat 28 butir terbukti valid dan hasil analisis validitas lingkungan belajar menunjukkan dari 30 butir angket terdapat 28 butir terbukti valid. Sedang hasil analisis reliabilitas gaya belajar menunjukkan koefisien reliabilitas sebesar 0,813 dan lingkungan belajar sebesar 0,913. Analisis data meliputi analisis deskriptif, uji prasyarat analisis, dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan:1) gaya belajar yang dimiliki oleh siswa kelas VIII MTs Ali maksum bervariasi, gaya belajar visual sebesar 56,84\%, gaya belajar auditif sebesar 37,90\% dan gaya belajar kinestetik sebesar 5,26\%. Lingkungan belajar siswa MTs Ali Maksum dalam kategori sedang yang berdasarkan perhitungan dengan skala tiga sebesar 67,37\%. Prestasi belajar Al- Qur?an Al-Hadit berada pada kategori sedang berdasarkan perhitungan dengan skala tiga sebesar 73,68\% . 2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar Al-Qur?an Al-Hadits siswa kelas VIII MTs Ali Maksum Krapyak Yogyakarta tahun pelajaran 2011/2012 dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,381 dan koefisien determinasi (R) sebesar 0,136. 3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan lingkungan belajar siswa terhadap prestasi belajar Al-Qur?an Al-Hadits siswa kelas VIII MTs Ali maksum Krapyak Yogyakarta Tahun Pelajaran 2011/2012 dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,367 dan koefisien determinasi (R) sebesar 0,126. 4) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan gaya belajar dan lingkungan belajar siswa secara bersamasama terhadap prestasi belajar Al-Qur?an Al-Hadits siswa kelas VIII MTs Ali Maksum Krapyak Yogyakarta Tahun Pelajaran 2011/2012 dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,426 dan koefisien determinasi (R) sebesar 0,164. } }