eprintid: 7594 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/00/75/94 datestamp: 2013-05-07 08:23:22 lastmod: 2013-05-07 08:23:22 status_changed: 2013-05-07 08:23:22 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: LAILA NUR WAHYUNI , NIM. 09410093 title: POLA PEMBENTUKAN PERILAKU KEBERAGAMAAN PESERTA DIDIK DI SMA IT ABU BAKAR YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted abstract: LAILA NUR WAHYUNI. Pola Pembentukan Perilaku Keberagamaan Peserta Didik Di SMA IT Abu Bakar Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2013. Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa pada zaman sekarang ini banyak remaja yang kurang bisa mengontrol perilakunya, mudah terpengaruh dengan sesuatu yang baru, tanpa bisa memilah dan memilih mana pengaruh yang baik dan mana pengaruh yang buruk. Padahal seharusnya seusia remaja sudah dapat mengetahui dan memilih jalan kehidupannya sendiri. Namun, di SMA IT Abu Bakar Yogyakarta ini, banyak yang berpendapat bahwa dapat menjadikan peserta didiknya yang masih berusia remaja menjadi insan yang agamis. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian tentang pola pembentukan perilaku keberagamaan Peserta didik di SMA IT Abu Bakar Yogyakarta, agar dapat menjadi contoh untuk sekolah-sekolah lainnya dalam membentuk peserta didik yang agamis. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: bagaimana pola pembentukan perilaku keberagamaan di SMA IT Abu Bakar Yogyakarta, apa sajakah konsep yang digunakan guru dalam menerapkan perilaku keberagamaan di SMA IT Abu Bakar Yogyakarta, apa saja kesulitan yang dihadapi para guru dalam menerapkan perilaku keberagamaan di SMA IT Abu Bakar Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap apa saja yang dilakukan pendidik/ ustadz ustadzah dan pembimbing asrama dalam membentuk perilaku keberagamaan peserta didik di SMA IT Abu Bakar Yogyakarta. Penelitian ini berupa penelitian lapangan dengan pendekatan yang dipakaiialah pendekatan fenomenologi. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara, dan angket. Hasil dari penelitian ini, ialah: 1). Sistem Di SMA IT Abu Bakar Yogyakarta ialah dengan sistem boarding (di asrama) dan full day (pulang kerumah). Jam full day ialah dari jam 7 sampai dengan jam 3 2). Waktu yang lebih lama diberikan pada peserta didik di SMA IT Abu Bakar Yogyakarta, digunakan untuk menanamkan nilai-nilai pembiasaan pada diri peserta didik 3). Pembiasaan-pembiasaan yang diterapkan di SMA IT Abu Bakar Yogyakarta, dilakukan dengan berbagai macam kegiatan yang diadakan di sekolah dan asrama, antara lain tahfidz, sholat dhuha, sholat dzuhur berjamaah, ma’surat setiap hari, muroja’ah, belajar malam, kultum untuk peserta didik laki-laki, bimbingan belajar, bahasa arab club, bahasa inggris club, subuh dan senja mubarok, fiqih nisa’ untuk peserta didik perempuan, dan lain sebagainya 4). Pembiasaan sholat dhuha sebelum kegiatan belajar mengajar mata pelajaran PAI dimulai. date: 2013-02-11 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi citation: LAILA NUR WAHYUNI , NIM. 09410093 (2013) POLA PEMBENTUKAN PERILAKU KEBERAGAMAAN PESERTA DIDIK DI SMA IT ABU BAKAR YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7594/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7594/2/BAB%20II%2C%20III.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7594/2/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7594/3/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7594/4/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7594/5/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7594/6/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7594/7/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7594/8/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7594/9/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7594/14/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7594/15/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7594/16/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7594/17/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7594/18/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7594/19/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7594/20/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7594/21/small.jpg