eprintid: 7596 rev_number: 22 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/00/75/96 datestamp: 2013-05-07 09:16:44 lastmod: 2013-09-30 01:50:14 status_changed: 2013-05-07 09:16:44 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: LATIFATUL KHOERIYAH - NIM. 08420160, title: STRATEGI GURU DALAM UPAYA MENINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS XI AGAMA MAN GANDEKAN BANTUL TAHUN AJARAN 2012/2013 ispublished: pub subjects: pba divisions: jur_pai full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk strategi yang digunakan guru di dalam kelas dan di luar kelas dalam upaya meningkatkan semangat belajar bahasa Arab kelas XI Agama MAN Gandekan Bantul, serta faktor pendukung dan penghambat. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, interview (wawancara), dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik sebuah kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi yang digunakan guru dalam upaya meningkatkan semangat belajar bahasa Arab bervariasai dan tidak monoton pada setiap tahap pembelajaran, baik pada awal, inti, maupun akhir serta evaluasi dan tindak lanjut. Adapun strategi pembelajaran bahasa Arab yang digunakan oleh guru bahasa Arab di kelas XI Agama yang dapat peneliti tulis yaitu: strategi didalam kelas meliputi: strategi Role Playing (bermain peran), strategi Reading Aloud (membaca keras), dan perpustakaan. Sedang strategi di luar kelas meliputi: strategi Peer Lesson (belajar dari teman), pembuatan kata-kata positif, pembuatan kaligrafi Arab, dan pembuatan Banner Asmaul Husna dan Wirid. Sedangkan faktor pendukung dalam meningkatkan semangat belajar bahasa Arab adalah adanya semangat guru dalam mengajar dan siswa dalam belajar, adanya kegiatan yang mendukung pemahaman siswa terhadap bahasa Arab seperti latihan pidato berbahasa. Adapun faktor penghambatnya adalah masih banyaknya siswa yang masih belum bisa berbicara bahasa Arab, latar belakang yang berbeda-beda, kurang maksimalnya waktu untuk belajar bahasa Arab, penggunaan LAB Agama tidak maksimal. Beberapa solusi yang dilakukan oleh pihak Madrasah untuk mengatasi masalah tersebut adalah memaksimalkan kedisiplinan para pendidik, serta menanamkan semangat terhadap bahasa Arab di dalam diri siswa. date: 2013-01-30 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: Fak. Tarbiyah thesis_type: skripsi citation: LATIFATUL KHOERIYAH - NIM. 08420160 (2013) STRATEGI GURU DALAM UPAYA MENINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS XI AGAMA MAN GANDEKAN BANTUL TAHUN AJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7596/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7596/2/BAB%20II%2C%20III.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7596/2/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7596/3/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7596/4/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7596/5/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7596/6/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7596/7/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7596/8/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7596/9/small.jpg