eprintid: 7598 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/00/75/98 datestamp: 2013-05-07 09:22:29 lastmod: 2013-05-07 09:22:29 status_changed: 2013-05-07 09:22:29 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: LUTHFIANA HANIF INAYATI , NIM: 09410053 title: UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MEMBACA AL QUR’AN PADA SISWA DI SMA NEGERI 1 PLERET BANTUL ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted abstract: LUTHFIANA HANIF INAYATI. Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Al Qur’an pada Siswa di SMA N 1 Pleret Bantul. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya bagi umat muslim untuk membaca dan mempelajari Al Qur’an. Dalam kehidupan sehari-hari Al Qur’an adalah sebagai pedoman hidup manusia dan sumber dari ajaran Islam. Ketika seseorang tidak mempunyai pegangan hidup maka ibarat debu yang dihembus angin, ia akan mudah terpengaruh tidak mempunyai pendirian. Belajar membaca Al Qur’an bisa diselenggarakan di rumah, di pondok, di sekolah, di TPA, di masjid atau mushola dan sebagainya. Pembelajaran Al Qur’an di sekolah biasanya dilakukan oleh guru agama atau dengan cara sekolah mendatangkan ustadz. Idealnya siswa SMA sudah bisa membaca Al Qur’an. Akan tetapi di SMA N 1 Pleret ini masih didapati siswa yang belum bisa membaca Al Qur’an. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah kesulitan apa saja yang dihadapi siswa dalam belajar membaca Al Qur’an, bagaimana upaya guru PAI dalam mengatasi kesulitan belajar membaca Al Qur’an, faktor pendukung dan penghambat upaya guru PAI dalam mengatasi kesulitan belajar membaca Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan mendekripsikan kesulitan yang dihadapi siswa, upaya yang telah dilakukan guru, serta faktor pendukung dan penghambat. Hasil penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas membaca Al Qur’an siswa SMA N 1 Pleret. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dokumentasi. Uji keabsahan data dengan triangulasi teknik sumber yaitu membandingkan dan mengecek data. Metode analisis data yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif yaitu setelah semua data yang diperlukan terkumpul kemudian disusun dan diklarifikasikan selanjutnya dianalisis dan diinterpretasikan dengan kata-kata sehingga dapat diambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1) Kesulitan yang dihadapi siswa dalam belajar membaca Al Qur’an: penerapan huruf sesuai dengan makharijul huruf, panjang pendek harakat, tajwid, berhenti pada tempatnya. (2) Upaya guru PAI dalam mengatasi kesulitan belajar membaca Al Qur’an yaitu dengan: penerapan metode menyimak dan metode privat, menggunakan irama murattal, tadarus Al Qur’an setiap hari. (3) Faktor yang mendukung upaya guru PAI dalam mengatasi kesulitan belajar membaca Al Qur’an adalah tersedianya sarana pembelajaran Al Qur’an dan dengan adanya ekstrakurikuler qiraah dan tartil. Sedangkan faktor yang mengahambat adalah minat siswa, alokasi waktu pembelajaran yang sedikit, dan lingkungan siswa. date: 2013-01-29 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi citation: LUTHFIANA HANIF INAYATI , NIM: 09410053 (2013) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MEMBACA AL QUR’AN PADA SISWA DI SMA NEGERI 1 PLERET BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7598/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7598/2/BAB%20II%2C%20III.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7598/3/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7598/4/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7598/5/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7598/6/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7598/7/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7598/8/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7598/9/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7598/10/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7598/15/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7598/16/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7598/17/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7598/18/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7598/19/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7598/20/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7598/21/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7598/22/small.jpg