<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENANAMAN NILAI-NILAI PLURALISME\r\nDALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK\r\nDI MADRASAH TSANAWIYAH WAHID HASYIM YOGYAKARTA\r\n"^^ . "M. Fahd Wakhyudin. Penanaman Nilai-Nilai Pluralisme Dalam\r\nPembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Wahid Hasyim\r\nYogyakrta. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan\r\nKalijaga Yogyakarta, 2012.\r\nLatar belakang penelitian ini adalah bahwa pendidikan melalui\r\npembelajaran adalah wahana penanaman nilai-nilai kehidupan manusia sebagai\r\nmakhluk sosial. Seharusnya manusia melalui pendidikan dapat memiliki berbagai\r\nnilai-nilai untuk kebaikan dan ketentraman hidup bermasyarakat, tetapi\r\nkenyataannya Banyak sekali konflik yang timbul dikerenakan sebuah perbedaan\r\nideology, pendapat, warna kulit, ras, suku, golongan bahkan agama dalam\r\nkehidupan manusia. Rumusan masalah Bagaimana Penanaman Nilai-nilai\r\nPluralisme dalam Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Wahid\r\nHasyim Yogyakarta, Bagaimana implikasinya terhadap pemahaman siswa-siswi\r\ntentang pluralisme. Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan dan menganalisis\r\nPenanaman Nilai-nilai Pluralisme Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak di\r\nMadrasah Tsanawiyah Wahid Hasyim Yogyakarta\r\nPenelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar\r\nMTs Wahid Hasyim Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi\r\nkelas VII. VIII, IX MTs Wahid Hasyim Yogyakarta masing-masing sebanyak 5\r\nsiswa. pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive sampling.\r\nPengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan\r\ndokumentasi.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa proses Penanaman Nilai-Nilai\r\nPluralisme Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Wahid\r\nHasyim Yogyakarta : Pertama Tujuan Pendidikan dan Kurikulum MTs\r\nmenunjukan bahwasanya kurikulum MTs Wahid Hasyim itu plural dengan bentuk\r\nsikap (Tasamuh) atau toleransi seseama manusia. Kedua Pendidik dan Peserta\r\ndidik dalam bentuk toleransi . Ketiga Silabus, (RPP) dan Metode Pembelajaran.\r\nDalam (RPP) kelas VII membahas sikap ihsan dan pemahaman materi asma’ul\r\nhusna dan aplikasinya, kelas VIII yaitu materi yang membahas perilaku atau\r\nakhlak terpui terhadap sesama manusia dengan bentuk husnudzon, tawaduk,\r\ntasamuh (toleransi), dan ta’awun. Kelas IX yaitu materi Yang membahas sikap\r\natau berperilaku baik terhadap sesama manusia dalam lingkuangan sosial. Metode\r\npembelajaran yang telah digunakan menunjukan nilai pluralisme seperti metode\r\ndiskusi Keempat Materi Dalam buku ajar akidah akhlak kelas VII, VII, dan IX.\r\nKelima proses pembelajaran materi ajar kelas VII terdapat muatan yang\r\nmembahas pluralisme seperti Asma’ul Husna Ar-Rahman (Maha pengasih) saling\r\nmengasihi sesama manusia, berikutnya dalam pembelajaran di kelas VIII\r\nsemsester ganjil, siswa secara tidak langsung terlibat untuk bersikap menghormati\r\nperbedaan dengan mengenal dan mengetahui kitab-kitab suci agama selain Islam.\r\nImplikasinya siswa-siswi mampu memahami arti dari pluralisme, dengan\r\nmemiliki akhlak terpuji, saling menghormati dan mengahargai sesama manusia\r\nsupaya mencapai tujuan hidup bermasyarakat yang rukun dan tentram di tengahtengah\r\nkemajemukan.\r\n\r\n"^^ . "2012-10-08" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 08410066"^^ . "M. FAHD WAKHYUDIN "^^ . "NIM. 08410066 M. FAHD WAKHYUDIN "^^ . . . . . . "PENANAMAN NILAI-NILAI PLURALISME\r\nDALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK\r\nDI MADRASAH TSANAWIYAH WAHID HASYIM YOGYAKARTA\r\n (Text)"^^ . . . "BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PENANAMAN NILAI-NILAI PLURALISME\r\nDALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK\r\nDI MADRASAH TSANAWIYAH WAHID HASYIM YOGYAKARTA\r\n (Text)"^^ . . . "PENANAMAN NILAI-NILAI PLURALISME\r\nDALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK\r\nDI MADRASAH TSANAWIYAH WAHID HASYIM YOGYAKARTA\r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENANAMAN NILAI-NILAI PLURALISME\r\nDALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK\r\nDI MADRASAH TSANAWIYAH WAHID HASYIM YOGYAKARTA\r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENANAMAN NILAI-NILAI PLURALISME\r\nDALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK\r\nDI MADRASAH TSANAWIYAH WAHID HASYIM YOGYAKARTA\r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENANAMAN NILAI-NILAI PLURALISME\r\nDALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK\r\nDI MADRASAH TSANAWIYAH WAHID HASYIM YOGYAKARTA\r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENANAMAN NILAI-NILAI PLURALISME\r\nDALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK\r\nDI MADRASAH TSANAWIYAH WAHID HASYIM YOGYAKARTA\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PENANAMAN NILAI-NILAI PLURALISME\r\nDALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK\r\nDI MADRASAH TSANAWIYAH WAHID HASYIM YOGYAKARTA\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PENANAMAN NILAI-NILAI PLURALISME\r\nDALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK\r\nDI MADRASAH TSANAWIYAH WAHID HASYIM YOGYAKARTA\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PENANAMAN NILAI-NILAI PLURALISME\r\nDALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK\r\nDI MADRASAH TSANAWIYAH WAHID HASYIM YOGYAKARTA\r\n (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #7599 \n\nPENANAMAN NILAI-NILAI PLURALISME \nDALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK \nDI MADRASAH TSANAWIYAH WAHID HASYIM YOGYAKARTA \n\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Agama Islam"@en . .