@phdthesis{digilib7610, month = {January}, title = {PENGEMBANGAN PROGRAM LECTORA INSPIRE PADA PEMBELAJARAN MANDIRI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP N 1 BANTUL }, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 09410073 MUHAMMAD KHOIRUN AZIZ }, year = {2013}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7610/}, abstract = {MUHAMMAD KHOIRUN AZIZ. Pengembangan Program Lectora Inspire Pada Pembelajaran Mandiri Pendidikan Agama Islam SMP N 1 Bantul. Skripsi.Yogyakarta: jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga, 2013. Latar belakang masalah penelitian ini adalah kurang interaktifnya media PowerPoint sebagai media pembelajaran, Padahal salah satu ciri keprofesionalan guru adalah mampu mengembangkan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pembelajaran. Lectora Inspire memberikan kemudahan bagi guru untuk membuat media pembelajaran yang lebih interaktif. Hal ini menjadi sangat penting agar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam tidak diremehkan lagi dan dianggap kuno. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun software belajar berbantuan Lectora Inspire untuk siswa SMP kelas VIII Semester I berdasarkan KTSP dan mengetahui kualitas software tersebut yang telah disusun dengan penilaian oleh 5 orang ahli media dan 20 siswa. Materi Software Belajar PAI berbatuan Lectora Inspire ini berisi materi macam-macam sujud, yaitu sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah. Software belajar ini disusun dengan menggunakan aplikasi Lectora Inspire. Lectora Inspire adalah software milik perusahaan Trivantis yang memiliki kegunaan untuk membuat dan mengembangkan kursus online dengan cepat dan praktis. Penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R\&D) yaitu penelitian dan pengembangan Software Belajar PAI berbantuan Lectora Inspire. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kulitatif dan kuantitatif. Variabel kualitas disusun berdasarkan kriteria Kebenaran Konsep, Keluasaan dan Kedalaman Konsep, Kebahasaan, Keterlaksanaan, dan Tampilan. Analisis dilakukan terhadap masing-masing komponen yang ada dalam Software Belajar PAI berbantuan Lectora Inspire ini. Hasil penilaian oleh 5 penilai ahli media terhadap software belajar yang disusun ini menyatakan bahwa software belajar telah memenuhi kriteria sangat baik dengan mendapatkan nilai 4 atau B (Baik) dan penilaian dari 20 siswa terhadap software belajar PAI ini mendapat nilai 4,2 atau B (Baik). Sehingga Software Belajar PAI berbantuan Lectora Inspire ini dapat digunakan sebagai sumber belajar mandiri bagi Siswa SMP Kelas VIII Semester 1. } }