eprintid: 7613 rev_number: 35 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/00/76/13 datestamp: 2013-05-08 09:14:34 lastmod: 2017-07-28 02:20:53 status_changed: 2013-05-08 09:14:34 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: MUJIB ASNGARI, NIM. 06410159 title: STUDI PLURALISME DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KOMUNITAS “CORET” YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: P full_text_status: restricted abstract: MUJIB ASNGARI. Studi Pluralisme Dalam Pendidikan Agama Islam Pada Komunitas “Coret” Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah UIN SunanKalijaga, 2012. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa Pendidikan Agama Islam pada dasarnya memiliki potensi yang dapat menumbuhkan kesadaran sosial yang tinggi dalam menjaga perdamaian dan toleransi antar umat beragama, namun konflik atas nama perbedaan yang melibatkan remaja akhir-akhir ini memunculkan pertanyaan bagaimana peran Pendidikan Agama Islam selama ini dalam memberikan kesadaran akan perbedaan (pluralisme) kepada remaja. Pendidikan pluralisme kemudian menjadi salah satu spesifikasi tersendiri untuk membangun pendidikan yang lebih berorientasi pada nilai-nilai yang dapat menumbuhkan sikap toleran tanpa konflik dalam membangun interaksi terhadap yang lainnya. Studi tentang pendidikan pluralis dalam komunitas menjadi sangat menarik untuk dikaji melihat komunitas hadir sebagai respon ketidakefektifan institusi pendidikan (formal maupun non-formal) khususnya pendidikan agama. Proses pembelajaran atau pendidikan di komunitas inilah yang secara spesifik ingin dilihat dalam penelitian ini. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah apa tujuan dan strategi pembelajaran PAI berbasis pluralisme pada masyarakat Coret dan bagaimana pelaksanaannya serta sikap dan perilaku yang dihasilkan dari pembelajaran tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode penelitian kualitatif dan pendekatan studi kasus. Subyek penelitian di sini adalah masyarakat dalam komunitas Coret. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakannyaitu analisis kualitatif deskriptif. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi dengan dua modus, yaitu dengan menggunakan sumber ganda dan metode ganda. Hasil penelitian: (1) beberapa strategi dilakukan komunitas Coret dalam rangka mengembangkan pendidikan berbasis pluralisme seperti workshop penulisan kreatif, workshop pembuatan film dokumentasi, pemutaran dan diskusi film dokumenter, penerbitan buletin Coret, diskusi karya, kemah komunitas tiga kota, siaran radio, penanaman pohon, penerbitan buku antologi, dan pelatihan manajemen web atau blog. (2) Pendidikan Agama Islam dalam komunitas Coret yang ditemukan penulis ternyata lebih mendekati pada proses pembelajaran bersama. Pembelajaran agama disampaikan tidak secara langsung. Penyampaian ini diajarkan secara halus, yaitu dengan mengambil sari-sari ajaran agama Islam untuk kemudian berusaha menerapkannya kedalam bentuk karya nyata (amal sholeh). Sumber pendidikan agama di sana lebih banyak tentang pemikiran-pemikiran Islam modern yang toleran dan inklusif seperti, kajian Islam tentang humanisme, gender, demokrasi, atau seperti pemikiran tokoh-tokoh Islam modern seperti Gus Dur, Cak Nur, Pramoedya Ananta toer dan sebagainya.(3) Sikap dan perilaku masyarakat Coret dalam mengamalkan ajaran Islam sangat beragam, namun mereka telah mampu menyikapi perbedaan dengan bijak baik dalam hal ibadah maupun muamalah. date: 2012-11-14 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi citation: MUJIB ASNGARI, NIM. 06410159 (2012) STUDI PLURALISME DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KOMUNITAS “CORET” YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7613/31/BAB%20I%20%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7613/1/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf