eprintid: 7619 rev_number: 30 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/00/76/19 datestamp: 2013-05-08 09:41:20 lastmod: 2016-07-01 08:45:55 status_changed: 2013-05-08 09:41:20 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: NAILI FAUZIAH LUTFIANI, NIM. 09410I55 title: ALAM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PAI (PENDIDIKAN AGAMA ISLAM) DI SMPIT ALAM NURUL ISLAM YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted abstract: NAILI FAUZIAH LUTFIANI, Alam sebagai Media Pembelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam) Di SMPIT Alam Nurul Islam Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Latar belakang penelitian ini adalah media merupakan salah satu komponen pembelajaran yang penting karena memiliki fungsi sebagai instrumen yang berfungsi untuk memudahkan guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran. Media memiliki beragam jenis, namun pada prinsipnya menurut Seels dan Glasgow media terbagi ke dalam dua kelompok besar yakni media tradisional dan media teknologi mutakhir. Sekolah-sekolah formal biasanya memakai media teknologi mutakhir sebagai media primer dalam proses pembelajaran. Namun harus dipahami bahwa media tidak hanya terbatas pada media teknologi mutakhir saja, alam merupakan media tak terbatas yang jauh lebih luas untuk didayagunakan. Alam sebagai media seharusnya menjadi perhatian penting bagi sekolah-sekolah formal di Indonesia untuk dijadikan sebagai media pembelajaran baik primer maupun alternativ. Karena sudah terbukti bahwa penerapan alam sebagai media di SMPIT Alam Nurul Islam Yogyakarta berjalan dengan optimal, sesuai dengan tujuan pendidikan nasional, serta memiliki nilai-nilai tambah tersendiri dibandingkan dengan sekolah sederajat lainnya. Penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jenis penelitiannya termasuk jenis penelitian lapangan (Field Research). Pendekatan penelitian ini adalah psikologis . Adapun subjek penelitian ini adalah Kepala sekolah, konseptor/pendiri, Waka Kesiswaan, Ustadz/ustadzah (guru), dan peserta didik SMPIT Alam Nurul Islam Yogyakarta. Dalam teknik analisis data menggunakan teknik proportionate stratified random sampling untuk peserta didik. Sedangkan untuk guru, kepala sekolah dan karyawan menggunakan teknik purposive sampling, yaitu teknik yang digunakan sesuai dengan desain penelitian. Karena objeknya tentang pendidikan maka subjek yang digunakan adalah orang yang memiliki data dan informasi akurat tentang desain penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) konsep implementasi alam sebagai media pembelajaran telah tertuang pada langkah-langkah kegiatan pembelajaran dalam silabus dan RPP 2) implementasi alam sebagai media pembelajaran dalam mata pelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam) dan mata pelajaran secara keseluruhan sudah terlaksana sesuai dengan silabus dan RPP namun masih dinilai kurang maksimal karena masih banyak kendala. Media alam yang digunakan dalam proses pembelajaran PAI meliputi pekarangan sekolah, benda-benda yang terdapat di sekitar lingkungan sekolah seperti tanah, air sungai, dedaunan, batu, benda-benda najis, benda-benda yang terkena najis, mushola, pemandangan alam (sawah, kebun, sungai), kolam, museum, masjid, candi, keraton, pantai, laut, gunung, tempat dan benda-benda bersejarah, komplek pemakaman raja-raja, tempat bersuci/berwudhu, panggung drama, papan flanel, lembar mutaba’ah, buku tajwid, kedaan penduduk, kondisi suatu masyarakat tertentu dan sebagainya. date: 2013-01-31 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi citation: NAILI FAUZIAH LUTFIANI, NIM. 09410I55 (2013) ALAM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PAI (PENDIDIKAN AGAMA ISLAM) DI SMPIT ALAM NURUL ISLAM YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7619/2/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7619/1/BAB%20II%2C%20III.pdf