TY - THES ID - digilib7620 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7620/ A1 - NAJANUDDIN , NIM: 06470070 Y1 - 2013/01/25/ N2 - Najanuddin. Pendidikan Kemandirian Berbasis Pesantren; Study terhadap Pesantren Mahasiswa Hasyim Asy?Ary Yogyakarta 2003-2006. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2012 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola pendekatan kemandirian dalam pendidikan pesantran dan praksis dilapangan. Sampel penelitian ini adalah pesantren mahasiswa Hasyim Asy?ari Yogyakarta. Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, peneliti berusaha untuk menarasikan secara akurat yang terjadi di pesantren. Proses pengumpulan data menggunakan metode; observasi, dokumentasi, wawancara. Temuan di lapangan, pendidikan Pesantren berbasis kemandirian, Pesantren Mahasiswa Hasyim Asy?ari, tercermin dalam kebijakan pesantren, pendekatan figure pengasuh yang demokratis dan intraksi yang cultural, metode dan strategi pembelajaran, serta program-program pesantren yang mampu mengakomodasi segenap potensi tiap santri. Pesantren Mahasaiswa Hasyim Asy? ari tidak mewajibkan santri untuk hidup mandiri hanya dengan jalur tulisan, tapi juga memberikan banyak opsi-opsi lain yang sekiranya sesuai dengan bakat dan minat santri. Adanya beberapa divisi pengembangan potensi, seperti, divisi penerbitan, divisi laundry, divisi angkringan, divisi peternakan dan perkebunan merupakan salah satu wadah untuk mengembangkan segenap potensi dan keunikan tiap-tiap santri. Penelitian ini menyimpulkan, pendekatan kemandirian yang beragam dari pesantren telah menghantarkan para santri mampu mandiri sesua dengan potensi yang dimiliki. Santri mampu hidup secara mandiri melalui proses penempaan potensi diri. Santri mampu mencapai kemandirian hidup sesua dengan minat dan bakat yang dimiliki. Ada santri yang lebih mengembangkan dunia penerbitan, ada santri yang lebih memilih untuk terus berwirausaha, ada santri yang terus mengembangkan kemampuan akademiknya dan beberapa proses pengembangan potensi lainnya yang mengantarkan dirinya untuk mengembangkan kemandirian hidup. PB - UIN SUNAN KALIJAGA M1 - skripsi TI - PENDIDIKAN KEMANDIRIAN BERBASIS PESANTREN; STUDY TERHADAP PESANTREN MAHASISWA HASYIM ASY?ARI YOGYAKARTA 2003-2006 AV - restricted ER -