@phdthesis{digilib7635, month = {January}, title = {STUDI KORELASI PENGUASAAN MUFRODAT DENGAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTs NEGERI PUNDONG BANTUL YOGYAKARTA }, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 09420112 ULFAH FITTRIAH}, year = {2013}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7635/}, abstract = {ULFAH FITTRIAH, Studi Korelasi Penguasaan Mufrodat dengan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Siswa Kelas VIII MTs Negeri Pundong Bantul Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan yang signifikan antara penguasaan mufrodat dengan keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Negeri Pundong Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi product moment yang kemudian diinterpretasikan dan diberi kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : nilai rata-rata tes penguasaan mufrodat bahasa arab siswa termasuk dalam kategori cukup atau sedang, yaitu sebesar 53. Sedangkan nilai rata-rata tes keterampilan berbicara bahasa arab siswa termasuk dalam kategori cukup atau sedang, yaitu sebesar 53,75. Kemudian dapat diketahui bahwa terdapat korelasi positif dan signifikan antara penguasaan mufrodat dengan keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Negeri Pundong Bantul yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,983. Sehingga hubungan ini termasuk dalam kategori sangat kuat. Dengan demikian kesimpulannya adalah tinggi rendahnya penguasaan mufrodat sangat kuat hubungannya dengan tinggi rendahnya keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Negeri Pundong Bantul. Semakin banyak mufrodat yang dikuasai siswa semakin tinggi pula ketampilan berbicara yang dicapai siswa. } }