<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "STUDI KOMPARASI KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM\r\nIBNU KHALDUN DAN IMAM AL-GHAZALI\r\nSERTA RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM MODERN\r\n"^^ . "ULFIAH HUSNI ANJARI. Studi Komparasi Kurikulum Pendidikan Islam\r\nIbnu Khaldun Dan Imam Al-Ghazali Serta Relevansinya Terhadap Pendidikan Islam\r\nModern. Skipsi. Yogyakarta: jurusan Pendidikan Agama Islam Fakulta Tarbiyah dan\r\nKeguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013.\r\nPendidikan Islam bukan sekedar \"transfer of knowledge\" ataupun \"transfer of\r\ntraining\", tetapi lebih merupakan suatu sistem yang ditata di atas pondasi keimanan\r\ndan kesalehan; suatu sistem yang terkait secara langsung dengan Tuhan. Pendidikan\r\nIslam suatu kegiatan yang mengarahkan dengan sengaja perkembangan seseorang\r\nsesuai atau sejalan dengan nilai-nilai Islam. Pendidikan Islam di sekolah saat ini,\r\nmasih belajar kerkutat seputar doktrin, dan doktrin ini dipahami tanpa adanya\r\npemikiran yang kritis filosofis historis. Pendidikan Islam di sekolah diterima secara\r\nmentah tanpa adanya internalisasi yang mendalam, sehingga terjadilah minimnya\r\npemahaman secara kontekstual. Kurikulum yang menjadi salah satu hal urgen dalam\r\nproses pendidikan masih saja menimbulkan problem-problem yang belum dapat\r\nterselesaikan, banyak para pendidik atau praktisi pendidikan sampai saat ini\r\nmemandang bahwa kurikulum merupakan kumpulan mata pelajaran yang harus\r\ndisampaikan atau dipelajari oleh siswa. Dari sejarah perkembangan sampai pramoderen\r\nini, kurikulum memiliki pengaruh dalam pola pikir dan sikap pesert didik di\r\nseluruh penjuru. Tokoh-tokoh Islam modernis pun mulai mencoba merekonstruksi\r\npemahaman kurikulum kearah modern.\r\nIbnu Khaldun dan Al-Ghazali sebagai seorang tokoh pembaharu menawarkan\r\nsebuah pencerahan untuk kemajuan pendidikan Islam yang modern dibidang\r\nkurikulum pendidikan Islam. Ada metode-metode khusus yang di kemukakan beliau\r\nyang sangat relevan jika kita terapkan pada pendidikan Islam kita yang masih\r\ntertinggal. Mulai dari tujuan pendidikan, materi pendidikan, metode pendidikan, dan\r\nevaluasi pendidikan. Semua yang dikemukakan secara langsung atau tidak telah\r\nmembawa perubahan positif bagi kemajuan pendidikan Islam, dan telah menuju\r\nkearah pendidikan Islam yang modern.\r\nPenelitian ini juga merupakan penelitian kualitatif, dengan objek material\r\npenelitian adalah kepustakaan dari beberapa karya Ibnu Khaldun dan Al-Ghazali, baik\r\nitu berupa buku-buku yang pernah ia tulis. Proses pengumpulan data dilakukan melaui\r\nmetode dokumentasi, sedangkan analisis data dilakukan dengan analisis isi melalui\r\nmenujukan arti mengungkapkan serta mengatakan esensi dari konsep pemikiran Ibnu\r\nKhaldun dan Imam Al-Ghazali secara objektif.\r\nHasil dari penelitian ini menunjukan bahwa beberapa esensi dari konsep\r\nkurikulum beliau mampu menjadi basis Pendidikan Islam modern, dengan formulasi\r\nsebagai berikut: pertama, pendidikan ditujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah\r\nmelalui jalan menutut ilmu dengan tigkat kemahiran yang dimiliki manusia. Kedua,\r\ntidak ada dikotomi dalam materi pendidikan, pendidikan harus mampu\r\nmengelaborasikan antara materi umum dan materi agama. Ketiga, dalam mendidik\r\nanak perlu menggunakan metode kasih sayang tanpa kekerasan, dan menggunakan alat\r\nperaga serta menjaga pergaulam peserta didik. Keempat, dalam mengevaluasi tidak\r\nharus menggunakan cara evaluasi tertulis melainkan dapat menggunakan evaluasi diri\r\natau muhasabah, dengan cara mengingat kesalahan atau dosa di masa lalu, ini dapat\r\ndilakukan melalui diri sendiri ataupun orang lain.\r\n\r\n"^^ . "2013-01-25" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 09410140"^^ . "ULFIAH HUSNI ANJARI"^^ . "NIM. 09410140 ULFIAH HUSNI ANJARI"^^ . . . . . . "STUDI KOMPARASI KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM\r\nIBNU KHALDUN DAN IMAM AL-GHAZALI\r\nSERTA RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM MODERN\r\n (Text)"^^ . . . "STUDI KOMPARASI KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM\r\nIBNU KHALDUN DAN IMAM AL-GHAZALI\r\nSERTA RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM MODERN\r\n (Text)"^^ . . . "BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "STUDI KOMPARASI KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM\r\nIBNU KHALDUN DAN IMAM AL-GHAZALI\r\nSERTA RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM MODERN\r\n (Other)"^^ . . . . . . "STUDI KOMPARASI KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM\r\nIBNU KHALDUN DAN IMAM AL-GHAZALI\r\nSERTA RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM MODERN\r\n (Other)"^^ . . . . . . "STUDI KOMPARASI KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM\r\nIBNU KHALDUN DAN IMAM AL-GHAZALI\r\nSERTA RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM MODERN\r\n (Other)"^^ . . . . . . "STUDI KOMPARASI KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM\r\nIBNU KHALDUN DAN IMAM AL-GHAZALI\r\nSERTA RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM MODERN\r\n (Other)"^^ . . . . . . "STUDI KOMPARASI KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM\r\nIBNU KHALDUN DAN IMAM AL-GHAZALI\r\nSERTA RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM MODERN\r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "STUDI KOMPARASI KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM\r\nIBNU KHALDUN DAN IMAM AL-GHAZALI\r\nSERTA RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM MODERN\r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "STUDI KOMPARASI KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM\r\nIBNU KHALDUN DAN IMAM AL-GHAZALI\r\nSERTA RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM MODERN\r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "STUDI KOMPARASI KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM\r\nIBNU KHALDUN DAN IMAM AL-GHAZALI\r\nSERTA RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM MODERN\r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #7636 \n\nSTUDI KOMPARASI KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM \nIBNU KHALDUN DAN IMAM AL-GHAZALI \nSERTA RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM MODERN \n\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Agama Islam"@en . .