@phdthesis{digilib7641, month = {February}, title = {PENINGKATAN MINAT BELAJAR BAHASA ARAB SANTRIWATI SIFIR AWWAL C MELALUI STRATEGI AKH{\.Z}IYAH AN-NA{\d S} DALAM PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI MADRASAH DINIYAH PP. QOMARUDDIN GRESIK TAHUN AJARAN 2012/2013 }, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 09420125 YAYUK AFIFAH}, year = {2013}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7641/}, abstract = {Yayuk Afifah, Peningkatan Minat Belajar Bahasa Arab Santriwati Sifir Awwal C Melalui Strategi Akh{\.z}iyah An-Na{\d s} Dalam Pembelajaran Kitab Kuning Di Madrasah Diniyah PP. Qomaruddin Gresik Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah strategi akh{\.z}iyah an-na{\d s} dalam pembelajaran kitab kuning dapat berperan dalam meningkatkan minat belajar bahasa Arab santriwati sifir Awwal C di Madrasah Diniyah PP. Qomaruddin Gresik Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 siklus dengan 3 kali pertemuan terhadap 36 santriwati. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Serta dianalisa secara deskriptif dengan memaparkan teknik prosentase. Tingkat minat santriwati dinyatakan dengan kategori sangat tinggi, tinggi, sedang, rendah dan sangat rendah. Peningkatan minat belajar santriwati dapat diketahui dengan effect size yaitu selisih antara nilai rerata hasil angket minat belajar siklus I, II dan III. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi akh{\.z}iyah an-na{\d s} dalam pembelajaran kitab kuning dapat meningkatkan minat belajar bahasa Arab santriwati yang meliputi sikap, kemauan, ketertarikan, dorongan, ketekunan dan perhatian terhadap pembelajaran kitab kuning pada pelajaran qaw??id. Hal tersebut dapat dilihat pada hasil prosentase peningkatan minat siklus pertama 57,29\% (sedang), 71.92\% (tinggi) siklus kedua dan 91.43\% (sangat tinggi) pada siklus ketiga. Kata kunci: Strategi Pembelajaran, Akh{\.z}iyah An-Na{\d s}, Minat.} }