<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "OLAHRAGA PERSPEKTIF HADIS\r\n(Studi Ma’ani al-Hadis)\r\n"^^ . "Pemaknaan hadis merupakan usaha untuk memahami matan hadis dengan\r\nmempertimbangkan faktor-faktor yang berkaitan dengannya. Maka di sini perlu\r\nadanya pengkajian yang mendalam untuk dapat menangkap makna dan tujuan\r\nyang terkandung di dalam hadis agar mendapatkan pemahaman yang tepat serta\r\ndapat menghubungkan dengan permasalahan-permasalahan yang terjadi di masa\r\nsekarang. Hal ini berguna untuk mendapat pemahaman yang __lih li kulli zam_n\r\nwa mak_n. Sebagai salah satu contohnya adalah pemahaman terhadap hadis\r\nanjuran berolahraga. Dalam hadis disebutkan bahwa Rasulullah Saw.\r\nmenganjurkan untuk belajar renang, memanah, dan berkuda. Hal ini kemudian\r\ndipahami oleh kelompok tertentu dalam Islam bahwa olahraga dalam Islam itu\r\nhanya renang, memanah dan berkuda. Padahal kalau diteliti lebih jauh ada juga\r\nbentuk-bentuk olahraga lain yang disebutkan dalam hadis seperti lari, gulat, dan\r\npermainan pedang. Disisi lain ada juga kelompok yang yang mengatakan bahwa\r\nolahraga apapun boleh dilakukan dan hukumnya mubah jika dapat menyehatkan\r\ndan menguatkan badan.\r\nSalah satu metode dalam memahami adalah dengan ilmu ma’_n_ al-hadis,\r\nyaitu suatu usaha untuk memahami matan hadis dengan mempertimbangkan\r\nfaktor-faktor yang berkaitan dengan hadis itu sendiri. Artinya di sini ma’_n_ alhadis\r\nberusaha memahami kandungan suatu hadis secara mendalam sehingga\r\ndiperoleh pemahaman yang tepat. Ada banyak metode yang ditawarkan oleh\r\nulama hadis dalam usaha memahami hadis salah satunya adalah metode ma’_n_\r\nal-hadis seperti yang ditawarkan oleh Nurun Najwah. Metode yang beliau\r\ntawarkan metode historis yang mencakup tiga langkah yaitu mengumpulkan hadis\r\nsetema, analisis otentisitas sanad, da analisi otentisitas matan. Setelah metode\r\nhistoris selesai dilanjutkan pada metode hermeneutika yang mencakup analisis\r\nbahasa, konteks relita historis, korelasi secara tematik komprehensif, dan yang\r\nterakhir mencari ideal moral hadis.\r\nOlahraga merupakan salah satu bentuk kebudayaan manusia yang sudah\r\nada dalam berbagai bentuk bahkan dalam semua kebudayaan yang paling tua\r\nsekalipun. Oleh karena itu tidak heran jika kemudian Rasulullah Saw. juga\r\nmenganjurkan umatnya untuk berolahraga. Tetapi kurang tepat kiranya ketika\r\ndikatakan olahraga dalam Islam hanya renang, memanah, dan berkuda saja.\r\nRasulullah Saw. menganjurkan tiga bentuk olahraga tersebut karena sesuai dengan\r\nkonteks realita historis pada saat itu. Artinya ketika zaman berkembang dan\r\nolahraga juga ikut berkembang sebagai bagian dari kebudayaan manusia yang\r\nterus berkembang mengikuti perkembangan zaman maka olahraga apapun\r\nbentuknya tetap boleh dilakukan asalkan dapat menyehatkan dan menguatkan\r\nbadan. Hal ini sesuai dengan ideal moral hadis tentang anjuran berolahraga yang\r\npenulis teliti. Memanah dan berkuda merupakan bentuk olahraga yang dianjurkan\r\npada zaman Rasulullah Saw karena dapat membantu dalam peperangan.\r\nSedangkan benang merah antara peperangan dan olahraga sendiri adalah\r\ndibutuhkan tubuh yang sehat, kuat dan bugar untuk dapat memenangkan\r\npeperangan atau mencapai tujuan tertentu dalam olahraga. Inilah sebenarnya ideal\r\nmoral dari hadis tentang anjuran berolahraga."^^ . "2013-01-23" . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "FAKULTAS USHULUDDIN, STUDI AGAMA DAN PEMIKIRAN ISLAM, UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 08530073"^^ . "MOHAMMAD HASAN"^^ . "NIM. 08530073 MOHAMMAD HASAN"^^ . . . . . . "OLAHRAGA PERSPEKTIF HADIS\r\n(Studi Ma’ani al-Hadis)\r\n (Text)"^^ . . . "BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "OLAHRAGA PERSPEKTIF HADIS\r\n(Studi Ma’ani al-Hadis)\r\n (Text)"^^ . . . "OLAHRAGA PERSPEKTIF HADIS\r\n(Studi Ma’ani al-Hadis)\r\n (Other)"^^ . . . "OLAHRAGA PERSPEKTIF HADIS\r\n(Studi Ma’ani al-Hadis)\r\n (Other)"^^ . . . "OLAHRAGA PERSPEKTIF HADIS\r\n(Studi Ma’ani al-Hadis)\r\n (Other)"^^ . . . "OLAHRAGA PERSPEKTIF HADIS\r\n(Studi Ma’ani al-Hadis)\r\n (Other)"^^ . . . "OLAHRAGA PERSPEKTIF HADIS\r\n(Studi Ma’ani al-Hadis)\r\n (Other)"^^ . . . "OLAHRAGA PERSPEKTIF HADIS\r\n(Studi Ma’ani al-Hadis)\r\n (Other)"^^ . . . "OLAHRAGA PERSPEKTIF HADIS\r\n(Studi Ma’ani al-Hadis)\r\n (Other)"^^ . . . "OLAHRAGA PERSPEKTIF HADIS\r\n(Studi Ma’ani al-Hadis)\r\n (Other)"^^ . . . "OLAHRAGA PERSPEKTIF HADIS\r\n(Studi Ma’ani al-Hadis)\r\n (Other)"^^ . . . "OLAHRAGA PERSPEKTIF HADIS\r\n(Studi Ma’ani al-Hadis)\r\n (Other)"^^ . . . "OLAHRAGA PERSPEKTIF HADIS\r\n(Studi Ma’ani al-Hadis)\r\n (Other)"^^ . . . "OLAHRAGA PERSPEKTIF HADIS\r\n(Studi Ma’ani al-Hadis)\r\n (Other)"^^ . . . "OLAHRAGA PERSPEKTIF HADIS\r\n(Studi Ma’ani al-Hadis)\r\n (Other)"^^ . . . "OLAHRAGA PERSPEKTIF HADIS\r\n(Studi Ma’ani al-Hadis)\r\n (Other)"^^ . . . "OLAHRAGA PERSPEKTIF HADIS\r\n(Studi Ma’ani al-Hadis)\r\n (Other)"^^ . . . "OLAHRAGA PERSPEKTIF HADIS\r\n(Studi Ma’ani al-Hadis)\r\n (Other)"^^ . . . "OLAHRAGA PERSPEKTIF HADIS\r\n(Studi Ma’ani al-Hadis)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "OLAHRAGA PERSPEKTIF HADIS\r\n(Studi Ma’ani al-Hadis)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "OLAHRAGA PERSPEKTIF HADIS\r\n(Studi Ma’ani al-Hadis)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "OLAHRAGA PERSPEKTIF HADIS\r\n(Studi Ma’ani al-Hadis)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "OLAHRAGA PERSPEKTIF HADIS\r\n(Studi Ma’ani al-Hadis)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "OLAHRAGA PERSPEKTIF HADIS\r\n(Studi Ma’ani al-Hadis)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "OLAHRAGA PERSPEKTIF HADIS\r\n(Studi Ma’ani al-Hadis)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "OLAHRAGA PERSPEKTIF HADIS\r\n(Studi Ma’ani al-Hadis)\r\n (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #7670 \n\nOLAHRAGA PERSPEKTIF HADIS \n(Studi Ma’ani al-Hadis) \n\n\n" . "text/html" . . . "Tafsir Hadist"@en . .