<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGGUNAAN TANDA WAQAF AL-WAQF WA AL-IBTIDA’\r\nPADA MUSHAF AL-QUDDUS BI AL-RASM AL-\r\n‘USMANI\r\n(TINJAUAN RESEPSI AL-QUR’AN)"^^ . "Al-Qur’an sebagai teks tulis dapat diresepsi melalui proses pemahaman dan\r\npenafsiran. Pada umumnya, resepsi umat Islam terhadap al-Qur’an terbagi menjadi\r\ntiga: hermeneutis, sosial-budaya dan estetis. Kajian terhadap resepsi al-Qur’an yang\r\nbersifat hermeneutis telah banyak dilakukan oleh para mufassir sejak masa sahabat\r\nhingga saat ini. Namun, kajian terhadap resepsi al-Qur’an yang lebih ke arah sosialbudaya\r\ndan estetis belum tersentuh secara memadai oleh tema-tema kajian al-Qur’an\r\nterdahulu. Salah satu bentuk resepsi sosial-budaya terhadap al-Qur’an adalah\r\npenggunaan tanda waqaf dalam mushaf.\r\nKeberadaan tanda waqaf dalam mushaf dapat memudahkan qari’ al-Qur’an\r\ndalam mewaqafkan bacaannya. Dengan tanda waqaf, perbedaan antara dua makna\r\nyang saling bertentangan dapat diketahui. Di antara mushaf-mushaf yang telah ada,\r\nMushaf al-Quddu>s memiliki keunikan dengan tanda waqaf al-waqf wa al-ibtida>’\r\nyang terdapat di dalamnya. Skripsi ini mendeskripsikan latar belakang penggunaan\r\ntanda waqaf al-waqf wa al-ibtida’ dalam Mushaf al-Quddus berikut standardisasi\r\nyang digunakan dalam menentukan tempat-tempat waqaf tersebut. Selanjutnya,\r\npenggunaan tanda waqaf tersebut ditelaah sebagai sebuah resepsi.\r\nPenelitian ini merupakan gabungan antara penelitian pustaka dan lapangan.\r\nAdapun wilayah yang dijadikan tempat penelitian ini adalah Pesantren Tahfidh\r\nYanbu'ul Qur'an, Kudus yang merupakan tempat diterbitkannya Mushaf al-Quddus.\r\nMetode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara\r\ndan dokumentasi. Selanjutnya data diolah dengan metode Qualitative Data Analysis,\r\nmeliputi data reduction, data display dan conclusion. Ada tiga pendekatan yang\r\ndigunakan oleh penulis dalam penelitian ini, yakni resepsi, tajwid dan nahwu.\r\nResepsi digunakan untuk menjelaskan proses kreasi dan konkretisasi tanda waqaf alwaqf\r\nwa al-ibtida’. Sementara tajwid dan nahwu digunakan ketika menjelaskan\r\ntanda waqaf sebagai bagian yang integral dengan waqaf.\r\nDari hasil penelitian ini, dapat diambil beberapa kesimpulan. Pertama,\r\npenggunaan tanda waqaf al-waqf wa al-ibtida’ pada Mushaf al-Quddus dipengaruhi\r\noleh dua faktor, yaitu eksternal dan internal. Kedua, standardisasi penggunaan tanda\r\nwaqaf tersebut berdasarkan beberapa pertimbangan, yaitu: (1) waqaf idtirari; (2)\r\ntanda waqaf tersebut bersifat ijtiha>di; (3) hitungan harakat; (4) tidak berada di\r\ntengah-tengah ida>fah; dan (5) waqaf di tempat yang nyaman. Kelima hal tersebut\r\nmenunjukkan tiga unsur, yakni modifikasi (pertama dan ketiga), kreasi (kedua dan\r\nkelima) dan konfirmasi (keempat). Ketiga, wujud resepsi dalam penggunaan tanda\r\nwaqaf al-waqf wa al-ibtida>’ adalah penggunaan sepasang simbol tanda panah yang\r\nsaling berhadapan (>___<). Tanda (>) menunjukkan tempat waqaf, sedangkan tanda\r\n(<) menunjukkan tempat ibtida>’. Penggunaan tanda tersebut dalam mushaf berfungsi\r\nsebagai waqaf alternatif bagi qa>ri’ yang nafasnya pendek."^^ . "2013-01-28" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "FAKULTAS USHULUDDIN, STUDI AGAMA DAN PEMIKIRAN ISLAM, UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 09532031"^^ . "MUHA FADLULLOH"^^ . "NIM. 09532031 MUHA FADLULLOH"^^ . . . . . . "PENGGUNAAN TANDA WAQAF AL-WAQF WA AL-IBTIDA’\r\nPADA MUSHAF AL-QUDDUS BI AL-RASM AL-\r\n‘USMANI\r\n(TINJAUAN RESEPSI AL-QUR’AN) (Text)"^^ . . . . . "BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PENGGUNAAN TANDA WAQAF AL-WAQF WA AL-IBTIDA’\r\nPADA MUSHAF AL-QUDDUS BI AL-RASM AL-\r\n‘USMANI\r\n(TINJAUAN RESEPSI AL-QUR’AN) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGGUNAAN TANDA WAQAF AL-WAQF WA AL-IBTIDA’\r\nPADA MUSHAF AL-QUDDUS BI AL-RASM AL-\r\n‘USMANI\r\n(TINJAUAN RESEPSI AL-QUR’AN) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGGUNAAN TANDA WAQAF AL-WAQF WA AL-IBTIDA’\r\nPADA MUSHAF AL-QUDDUS BI AL-RASM AL-\r\n‘USMANI\r\n(TINJAUAN RESEPSI AL-QUR’AN) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGGUNAAN TANDA WAQAF AL-WAQF WA AL-IBTIDA’\r\nPADA MUSHAF AL-QUDDUS BI AL-RASM AL-\r\n‘USMANI\r\n(TINJAUAN RESEPSI AL-QUR’AN) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGGUNAAN TANDA WAQAF AL-WAQF WA AL-IBTIDA’\r\nPADA MUSHAF AL-QUDDUS BI AL-RASM AL-\r\n‘USMANI\r\n(TINJAUAN RESEPSI AL-QUR’AN) (Text)"^^ . . . . . "PENGGUNAAN TANDA WAQAF AL-WAQF WA AL-IBTIDA’\r\nPADA MUSHAF AL-QUDDUS BI AL-RASM AL-\r\n‘USMANI\r\n(TINJAUAN RESEPSI AL-QUR’AN) (Other)"^^ . . . . . . "PENGGUNAAN TANDA WAQAF AL-WAQF WA AL-IBTIDA’\r\nPADA MUSHAF AL-QUDDUS BI AL-RASM AL-\r\n‘USMANI\r\n(TINJAUAN RESEPSI AL-QUR’AN) (Other)"^^ . . . . . . "PENGGUNAAN TANDA WAQAF AL-WAQF WA AL-IBTIDA’\r\nPADA MUSHAF AL-QUDDUS BI AL-RASM AL-\r\n‘USMANI\r\n(TINJAUAN RESEPSI AL-QUR’AN) (Other)"^^ . . . . . . "PENGGUNAAN TANDA WAQAF AL-WAQF WA AL-IBTIDA’\r\nPADA MUSHAF AL-QUDDUS BI AL-RASM AL-\r\n‘USMANI\r\n(TINJAUAN RESEPSI AL-QUR’AN) (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #7671 \n\nPENGGUNAAN TANDA WAQAF AL-WAQF WA AL-IBTIDA’ \nPADA MUSHAF AL-QUDDUS BI AL-RASM AL- \n‘USMANI \n(TINJAUAN RESEPSI AL-QUR’AN)\n\n" . "text/html" . . . "Tafsir Hadist"@en . .