@phdthesis{digilib7697, month = {January}, title = {EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs MU?ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA }, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 08600067 BAKHRODIN}, year = {2013}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7697/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional, ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII MTs Mu?allimin Muhammadiyah Yogyakarta tahun ajaran 2011/2012 pada materi segiempat (trapesium dan layang-layang).. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII B, C, dan D MTs Mu?allimin Muhammadiyah Yogyakarta tahun ajaran 2011/2012. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Adapun pengambilan sampel diperoleh kelas VII C dengan jumlah 40 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VII D dengan jumlah 39 siswa sebagai kelas eksperimen. Untuk memperoleh data digunakan soal posttest dalam bentuk uraian untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Pengujian hipotesis Mann-Whitney U. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan rata-rata nilai posttest siswa kelas eksperimen lebih tinggi secara signifikan dari pada rata-rata nilai kelas kontrol. Artinya hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) lebih efektif dibanding model pembelajaran konvensional dalam kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Kata Kunci : Efektivitas, Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI), Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL), Pemecahan Masalah.} }