TY - THES ID - digilib7707 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7707/ A1 - ROSYIDAWATI, NIM. 08600016 Y1 - 2013/03/19/ N2 - Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dilengkapi teknik kancing gemerincing daripada metode ceramah terhadap peningkatan peran aktif siswa. (2) untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dilengkapi teknik kancing gemerincing daripada metode ceramah terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental) dengan desain penelitian kuasi eksperimen kelompok kontrol non ekuivalen (Non Equivalent Control Group Design). Variabel penelitian ini meliputi variabel bebas berupa model pembelajaran tipe TGT dilengkapi teknik kancing gemerincing dan pembelajaran dengan metode ceramah, variabel terikat berupa peran aktif siswa dan kemampuan berpikir kreatif siswa, dan variabel kontrol berupa materi, waktu, kelas, dan guru mata pelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sewon sebanyak 190 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik penggabungan sampling purposive dan random sampling, diperoleh kelas VIIIF sebagai kelas kontrol dan kelas VIIIE sebagai kelas eksperimen. Metode pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan instrumen tes, angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji independent sample t-test, yang sebelumnya dilakukan prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah skor gain. Hasil penelitian ini adalah (1) model pembelajaran kooperatif tipe TGT dilengkapi teknik kancing gemerincing tidak lebih efektif dibandingkan dengan metode ceramah terhadap peningkatan peran aktif siswa. (2) model pembelajaran kooperatif tipe TGT dilengkapi teknik kancing gemerincing lebih efektif dibandingkan dengan metode ceramah terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa. Kata Kunci : Teams Games Tournament (TGT), Kancing Gemerincing, Peran aktif, Berpikir Kreatif. PB - UIN SUNAN KALIJAGA M1 - skripsi TI - EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DILENGKAPI TEKNIK KANCING GEMERINCING TERHADAP PENINGKATAN PERAN AKTIF DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP AV - restricted ER -