TY - THES ID - digilib7714 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7714/ A1 - ZULAICHA RANUM FRASTICA, NIM. 08600047 Y1 - 2013/02/19/ N2 - Hasil studi pendahuluan menunjukkan kemampuan koneksi matematis siswa di SMP N 1 Karangpandan masih rendah, hal ini mendorong peneliti untuk melakukan penelitian di sekolah tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui bahwa peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan open-ended lebih baik dari siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. (2) Mengetahui bahwa peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa laki-laki sama dengan siswa perempuan baik di kelas dengan pembelajaran open-ended maupun kelas konvensional. (3) Mengetahui bahwa ada interaksi antara peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol dengan gender. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan the nonequivalent control group design. Variabel bebas berupa pembelajaran matematika dengan pendekatan open-ended dan perbedaan gender, variabel terikat yaitu kemampuan koneksi matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Karangpandan kelas VIII tahun ajaran 2012/2013. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah gain, pengujian dilakukan dengan bantuan Mixrosoft Excel 2007 dan software SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan nilai rata-rata ngain tes kemampuan koneksi matematis siswa kelas eksperimen lebih meningkatkan dari nilai rata-rata n-gain siswa kelas kontrol. Siswa laki-laki memiliki kemampuan koneksi matematis yang sama dengan siswa perempuan. Tidak ada interaksi antara kemampuan koneksi matematis siswa pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol dengan gender. Kata kunci: pendekatan open ended, kemampuan koneksi matematis, dan gender. PB - UIN SUNAN KALIJAGA M1 - skripsi TI - PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS MELALUI PENDEKATAN OPEN-ENDED PADA SISWA SMP DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER AV - restricted ER -