%0 Thesis %9 Skripsi %A ISNAINI MUTMAINAH, NIM. 09480013 %B FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2013 %F digilib:7725 %I UIN SUNAN KALIJAGA %T NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL SEPATU DAHLAN KARYA KHRISNA PABICHARA DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AKHLAK DI MADRASAH IBTIDAIYAH %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7725/ %X Isnaini Mutmainah, “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Sepatu Dahlan Karya Khrisna Pabichara dan Relevansinya dengan Pendidikan Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Salah satu contoh produk budaya yang dapat digunakan untuk menanamkan nilai kemanusiaan atau yang kita sebut pendidikan karakter adalah karya sastra. Karya sastra yang berupa novel telah terbukti efektif memberi dampak psikologis yang sangat baik bagi terjaganya kepribadian bangsa. Novel dapat menjadi media yang efektif untuk mengoptimalkan penanaman dari nilai-nilai pendidikan, terutama pendidikan karakter. Terutama dalam novel yang mengangkat tema pendidikan, yang banyak mengandung nilai pendidikan karakter, seperti dalam novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apa saja nilainilai pendidikan karakter dalam novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara dan bagaimana relevansinya dengan pendidikan akhlak di Madrasah Ibtidaiyah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Library Research), yakni jenis penelitian yang berusaha menghimpun data penelitian dari khasanah literatur dan menjadikan “dunia teks” sebagai objek utama analisisnya, dalam penelitian ini dengan mengambil subjek novel Sepatu Dahlan. Pendekatan yang digunakan adalah filosofis-pedagogis dan pendekatan semiotik. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini adalah hermeneutik dan content analysis (analisis isi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Sepatu Dahlan yaitu, religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab. Adapun relevansinya nilai-nilai pendidikan karakter tersebut dengan pendidikan akhlak adalah dalam kaitannya dengan pendidikan akhlak, terlihat bahwa pendidikan karakter mempunyai orientasi yang sama yaitu pembentukan karakter. Maka dapat disimpulkan bahwa ada relevansi atau hubungan antara nilai-nilai pendidikan karakter dengan pendidikan akhlak di Madrasah Ibtidaiyah. Kata kunci: nilai, karakter, akhlak, dan relevansi