TY - THES ID - digilib7730 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7730/ A1 - MARDANIS, NIM. 08410270 Y1 - 2013/02/22/ N2 - MARDANIS. Kompetensi Pedagogik Guru Akhlak Kelas VII di Madrasah Mu?allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agaman Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa kompetensi pedagogik guru dalam mengelola pembelajaran akhlak bersifat konvensional, textbook orientid dan berpusat pada guru serta tidak banyak memberi pengalaman bagi siswa, Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah bagaimana Kompetensi Pedagogik Guru Akhlak Kelas VII di Madrasah Mu?allimin Muhammadiyah Yogyakarta, dan bagaimana Upaya apa yang dilakukan pihak madrasah dalam meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Akhlak Kelas VII di MTs Mu?allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang kompetensi Pedagogik guru akhlak kelas VII di MTs Mu?allimin Muhammadiyah Yogyakarta, serta upaya-upaya yang dilakukan oleh pihak madrasah dalam meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksan keabsaahan data dilakukan dengan mengadakan trianggulasi dengan dua modus, yaitu dengan menggunakan sumber ganda dan metode ganda. Hasil penelitian menunjukkan: (1) kompetensi pedagogik guru akhlak kelas VII di MTs Mu?allimin Muhammadiyah Yogyakarta dalam mengelola pembelajaran akhlak dapat diketahui sebagai berikut; guru berusaha menyelenggarakan kegiatan pembelajaran yang berpusat pada siswa dan berusaha menggunakan metode yang bervariasi. Dalam mengevaluasi hasil belajar, guru melakukan penilaian proses yakni dengan tes dan non tes. Penilaian tes berupa tertulis sedangkan non tes berupa pengamatan. Secara keseluruhan, kegiatan pembelajaran yang dilangsungkan oleh guru sudah sesuai dengan apa yang direncanakan dalam hal ini adalah RPP. Adapun dalam mengembangkan peserta didik untuk mengaktualisasian potensi yang dimiliki, guru berusaha mengikut sertakan siswa dalam berbagai kegiatan seperti perlombaan dan kegiatan ekstrakurikuler. (2) Upaya pihak madrasah dalam meningkatkan kemampuan guru memahami peserta didik serta mengembangkan potensi yang dimiliki peserta didik, pihak madrasah mengadakan seminar dengan mengundang para pakar psikolog untuk memberikan wawasan mengenai karakteristik anak, perkembangan anak, bakat anak, serta cara mengembangkan potensi anak. Di samping itu pihak madrasah juga mengadakan buku bacaan sebagai suplemen para guru seperti buku psikologi perkembangan, psikologi remaja dan sebagainya. Dalam meningkatkan kemampuan guru merencanakan pembelajaran, dan mengevaluasi proses dan hasil belajar siswa, pihak madrasah mengadakan pelatihan, dan workshop tentang 28 administrasi diantaranya Silabus, RPP, PROTA (program tahunan), PROSEM (program semester), rencana pelaksanaan harian, kisi-kisi soal, soal UTS, UAS, dan UKK (Ujian Kenaikan Kelas), dan lain-lain. Upaya meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, pihak madrasah mengadakan pelatihan dan workshop dengan mengundang pakar pendidikan, untuk mengenalkan sekaligus menambah wawasan kepada para guru berbagai strategi dan metode pembelajaran. Di samping itu pihak madrasah juga memberi beasiswa bagi guru yang ingin melanjutkan studi. Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik Guru Akhlak PB - UIN SUNAN KALIJAGA M1 - skripsi TI - KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU AKHLAK KELAS VII DI MADRASAH MU?ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA AV - restricted ER -