TY - THES ID - digilib7731 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7731/ A1 - MOH.SOLEH, NIM. 07410298 Y1 - 2013/03/04/ N2 - MOH.SOLEH. Pembiasaan shalat Dhuha dalam pembinaan akhlak siswa kelas 4 di MI Maarif Candran Sidoarum Godean Yogyakarta. Skripsi, Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2013. Latar belakang masalah penelitian ini adalah masih rendahnya akhlaq peserta didik kelas 4 di MI Maarif Candran yang disebabkan karena kurangnya kesadaran akan pentingnya sholat Dhuha. Oleh karena itu perlu diadakannya penelitian untuk pembinaan akhlak kelas 4 dengan dengan menerapkan pembiasaan melaksanakan sholat Dhuha setiap pagi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). Pelaksanaan pembiasaan shalat Dhuha dalam pembinaan akhlak siswa Kelas 4 di MI Ma?arif Candran Sidoarum Godean Yogyakarta, 2) Dampak pembinaan akhlak siswa Kelas 4 terhadap pembiasaan shalat Dhuha di MI Ma?arif Candran Sidoarum Godean Yogyakarta, 3) Faktor pendukung dan penghambat pembiasaan shalat Dhuha terhadap pembinaan akhlak siswa Kelas 4 di MI Ma?arif Candran Sidoarum Godean Yogyakarta Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, Jenis penelitian ini dikategorikan penelitian lapangan (field research), yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data diskerptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati (di observasi) dengan mengambil latar MI Ma?arif Candran. Adapun pendekatan yang digunakan oleh penulis adalah pendekatan deskriptif, Keadaan yang di uraikan dalam penelitian ini adalah pembiasan shalat Dhuha dalam pembinaan akhlak siswa Kelas 4 di MI Maarif Candran Sidoarum Godean Yogyakarta. Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah; Kepala sekolah, siswa-siswi, para guru, tenaga pendidikan. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan Observasi, wawancara, dokumentasi. Untuk Obervasi peneliti langsung tahu kondisi dan fenomena di lapangan. Penggunaan tehnik wawancara dalam penelitian ini dalam rangka mengumpulakan data sekunder Adapun yang diwawancarai dalam pengumpulan data ini adalah Kepala Sekolah, Guru Kelas, siswa dan wali siswa. Analisis data menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan: (1) Pelaksanaan pembiasaan shalat Dhuha dalam pembinaan akhlak siswa Kelas 4 di MI Ma?arif Candran Sidoarum Godean Yogyakarta berjalan dengan lancar meskipun ada sebagaian siswa yang ramai dalam pelaksanaanya. Hal ini ditandai dengan pelaksanaanya sampai sekarang masih terus menerus dilaksanakan secara istiqomah (2) Dampak pembinaan akhlak siswa Kelas 4 terhadap pembiasaan shalat Dhuha dapat di katakan cukup baik. Hal ini ditandai dengan perubahan perilaku positif. Perubahan itu terlihat: pertama, siswa yang mengikuti pembiasaan sholat dhuha bisa memanfaatkan waktu dipagi hari dengan produktif. Kedua, tingkah lakunya mengarah pada hal yang baik sesuai dengan ajaran islam. Yakni hormat, disiplin, murah hati dan peduli pada sesama. (3) faktor pendukung dan penghambat pembiasaan shalat Dhuha terhadap pembinaan akhlak siswa Kelas 4 di MI Ma?arif Candran di antaranya kendala dari guru, dan kendala dari siswa. PB - UIN SUNAN KALIJAGA M1 - skripsi TI - PEMBIASAAN SHALAT DHUHA DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA KELAS 4 DI MI MAARIF CANDRAN YOGYAKARTA AV - restricted ER -