eprintid: 7733 rev_number: 29 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/00/77/33 datestamp: 2013-05-17 09:40:12 lastmod: 2017-04-27 07:47:14 status_changed: 2013-05-17 09:40:12 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: MUHAMMAD ROZAQ DARMAWAN, NIM. 09420073 title: PERANAN BI’AH LUGAWIYYAH DALAM MENUNJANG PEMBELAJARAN BAHASA ARAB Di PONDOK PESANTREN TA’MIRUL ISLAM SURAKARTA ispublished: pub subjects: pba divisions: jur_pba full_text_status: restricted abstract: Muhammad Rozaq Darmawan. Peranan Biah Lugawiyyah Dalam Menunjang Pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren Ta’mirul Islam Surakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2013. Menuntut ilmu adalah kewajiban bagi setiap muslim dan muslimat. Sedangkan Islam sendiri mempunyai dua sumber hukum, yaitu Al-qur’an dan Sunnah. Keduanya diturunkan dalam bentuk bahasa Arab, untuk itu agar mampu memahaminya maka harus menguasai bahasa Arab juga. Maka dari itu mempelajari bahasa Arab bisa dikatakan wajib. Salah satu faktor yang sangat mempengaruhi dan menentukan keberhasilan proses pembelajaran adalah lingkungan (bi‘ah), tak terkecuali lingkungan berbahasa. Keberadaan lingkungan berbahasa Arab menjadi sangat penting karena ia selalu hadir, melingkupi, memberi nuansa dan konteks pembelajaran bahasa Arab itu sendiri. Berpijak dari pemaparan di atas, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan biah lugawiyyah di Pondok Pesantren Ta’mirul Islam, serta peranannya dalam menunjang pembelajaran Bahasa Arab. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa, guru bahasa Arab, Pengasuh dan Pengurus Bahasa, beserta Kepala Madrasah. Adapun jenis penelitian ini merupakan penelitan deskriptif kualitatif, dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini, adalah adanya kegiatan-kegiatan biah lugawiyyah yaitu: Menciptakan lingkungan berbahasa di dalam wilayah Pondok Pesantren Ta’mirul Islam dengan kegiatan wajib bahasa, Menciptakan lingkungan pandang baca, Adanya kegiatan bahasa seperti pemberian mufradat, pengulangan mufradat, muhadas\ah, majalah dinding berbahasa Asing, qira’atul kutub, dan pemberian maqalah, Adanya lomba dalam kegiatan bahasa, yaitu: lomba cerdas cermat berbahasa asing, lomba menyanyi Arab, lomba drama berbahasa Arab, dan lomba bercerita dengan bahasa Arab. Adanya pemantauan terhadap kegiatan-kegiatan tersebut dengan membuat peraturan bagian Bahasa dan hukuman bagi pelanggar, dan untuk meninjau perkembangan kegiatan-kegiatan tersebut maka diadakan evaluasi bahasa. Adapun peranannya dalam menunjang pembelajaran bahasa Arab antara lain: Membantu siswa dalam pembelajaran nahwu dan saraf, Menambah perbendaharaan kosa kata bahasa Arab, Meningkatkan kemampuan kalam, Meningkatkan kemampuan qira’ah, Meningkatkan kemampuan kitabah. Dengan demikian semoga hasil penelitian dalam skripsi ini bisa memberikan kontribusi yang positif dan bermanfaat bagi semua pihak. date: 2013-03-25 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: MUHAMMAD ROZAQ DARMAWAN, NIM. 09420073 (2013) PERANAN BI’AH LUGAWIYYAH DALAM MENUNJANG PEMBELAJARAN BAHASA ARAB Di PONDOK PESANTREN TA’MIRUL ISLAM SURAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7733/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7733/2/BAB%20II%2C%20III.pdf