@phdthesis{digilib7736, month = {April}, title = {PENGGUNAAN JEJARING SOSIAL ?FACEBOOK? TERHADAP MINAT BELAJAR PAI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 10 YOGYAKARTA }, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 09410067 NURUL ANISA}, year = {2013}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7736/}, abstract = {NURUL ANISA. Penggunaan Jejaring Sosial ?Facebook? Terhadap Minat Belajar PAI Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa pengaruh yang ditimbulkan dari situs jejaring sosial facebook berdampak pula dalam bidang pendidikan, baik dampak yang positif maupun negatif. Dalam dunia pendidikan dampak tersebut dapat berpengaruh terhadap minat belajar Pendidikan Agama Islam siswa akibat tidak terkendalinya penggunaan facebook. Dimana minat belajar siswa adalah syarat utama dalam mencapai prestasi belajar siswa yang baik. Apalagi di sekolah yang berbasis umum, perhatiannya lebih dipusatkan pada mata pelajaran umum dibandingkan dengan Pendidikan Agama Islam. Yang menjadi bahasan dalam rumusan masalah adalah bagaimana frekuensi penggunaan jejaring sosial facebook oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Yogyakarta, bagaimana minat belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Yogyakarta, dan bagaimanakah implikasi penggunaan jejaring sosial facebook terhadap minat belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan jejaring sosial facebook terhadap minat belajar PAI siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Yogyakarta. Penelitian ini berupa penelitian lapangan dengan pendekatan psikologi. Penelitian ini berjenis kualitatif dan kuantitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket sehingga dapat mengetahui keabsahan data yang kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) frekuensi penggunaan jejaring sosial facebook menunjukkan bahwa sebagian besar siswa kelas VIII memiliki facebook dan sering mengakses facebook dengan waktu kurang lebih 1 jam setiap harinya, baik sekedar hiburan maupun sebagai sarana diskusi. (2) minat belajar siswa kelas VIII terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam cukup tinggi. Hal itu dibuktikan dengan siswa lebih mengutamakan mata pelajaran umum lainnya dan menomor duakan PAI. (3) implikasi penggunaan jejaring sosial facebook terhadap minat belajar PAI, meliputi dampak positif dan dampak negatif. Dari dampak positif terhadap minat belajar PAI dapat digunakan sebagai media pembelajaran PAI. Digunakannya facebook sebagai media pembelajaran, siswa yang biasanya pasif di kelas dapat menjadi aktif dan lebih berani menyampaikan ide dan gagasan mereka. Dengan begitu tujuan pendidikan akan berjalan sesuai dengan harapan. Sedangkan dampak negatif terhadap minat belajar PAI dapat membuang waktu dan lupa waktu, sehingga siswa menjadi malas belajar. Hal itu dapat berefek buruk bagi perkembangan anak baik itu intelejensi, psikis, dan sosioemosionalnya.} }