relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7737/ title: PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) BERBASIS KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DI KELAS XI AGAMA MADRASAH ALIYAH NEGERI YOGYAKARTA II creator: NURUL UMMI AKHINAH, NIM. 09410289 subject: Pendidikan Agama Islam description: Nurul Ummi Akhinah. Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) berbasis KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) di kelas XI Agama MAN Yogyakarta II. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga, 2013. Latar belakang penelitian ini adalah mata pelajaran SKI dirasakan telah menjadi mata pelajaran yang dianaktirikan sehingga banyak peserta didik yang merasa bosan karena hanya dikemas di dalam penyajian yang monoton. Dalam KTSP, kiprah guru lebih dominan di dalam menjabarkan standar kompetensi dan kompetensi dasar, tidak saja dalam program tertulis tetapi juga dalam pembelajaran di kelas. Guru SKI di kelas XI Agama MAN Yogayakrta II hanya menjadikan RPP dan silabus sebagai pemenuhan kegiatan administratif. MAN Yogyakarta II telah mempunyai fasilitas yang memadai yang digunakan sebagai media pembelajaran, hal itu tentunya tidak terlepas dari kompetensi guru untuk dapat memanfaatkannya dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis perencanaan pembelajaran SKI berbasis KTSP, pelaksanaanya dan faktor-faktor pendukung dan penghambat pembelajaran SKI berbasis KTSP di kelas XI Agama MAN Yogayakarta II. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif, dengan mengambil latar MAN Yogyakarta II. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunkan adalah analisis data deskriptif analitik yaitu mendeskripsikan dan menganalisa semua hal yang menjadi fokus dalam penelitian ini. Peneliti menggunakan metode tringulasi sumber dan tringulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Perencanaan Pembelajaran SKI berbasis KTSP di kelas XI Agama MAN Yogyakarta II mengacu pada kurikulum yang sesuai dengan standar isi. Di dalam kreteria pengembangan silabus guru belum memenuhi tujuh standar minimal prinsip pengembangan silabus yaitu diantaranya prinsip fleksibilitas sebagai suatu pemikiran dan prinsip efektifitas. Sedangkan dalam penyusunan RPP guru belum melaksanakannya secara optimal dalam pembelajaran di kelas karena hanya dijadikan sebagai kegiatan pemenuhan administratif. (2) Pelaksanaan pembelajaran SKI berbasis KTSP berjalan dengan optimal. Hal ini dapat dilihat dari ketertarikan siswa di dalam mengikuti pelajaran di kelas, pembelajaran yang terpusat pada peserta didik dan nilai rata-rata belajar siswa pada semester I yaitu 81,8. (3) Faktor pendukung di dalam pembelajaran SKI berbasis KTSP yaitu tersedianya media pembelajaran LCD di setiap kelas XI dan XI, guru terampil menggunakan teknologi informatika sehingga dapat menggunakan variasi media pembelajaran, kuantitas peserta didik kurang dari 20 sehingga mudah dalam pengkondisian kelas, alokasi waktu yang cukup sehingga materi dapat tersampaikan secara optimal, latar belakang pendidikan siswa mayoritas dari MTs. Sedangkan hambatannya yaitu terlalu banyaknya jam pelajaran yang harus diampu oleh guru SKI di kelas XI Agama, kosentrasi guru lebih terfokus pada persiapan siswa kelas XII Agama dalam menghadapi ujian nasional dan tingkat kecerdasan siswa kelas XI Agama yang beraneka ragam sehingga terdapat siswa yang kurang bisa mengikuti pelajaran. date: 2013-03-19 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7737/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7737/2/BAB%20II%2C%20III.pdf format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7737/5/lightbox.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7737/6/preview.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7737/7/medium.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7737/8/small.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7737/9/lightbox.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7737/10/preview.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7737/11/medium.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7737/12/small.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7737/15/lightbox.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7737/16/preview.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7737/17/medium.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7737/18/small.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7737/19/lightbox.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7737/20/preview.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7737/21/medium.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7737/22/small.jpg identifier: NURUL UMMI AKHINAH, NIM. 09410289 (2013) PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) BERBASIS KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DI KELAS XI AGAMA MADRASAH ALIYAH NEGERI YOGYAKARTA II. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.