%0 Thesis %9 Skripsi %A SYAVIQ MUQOFFI, NIM. 07420061 %B FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2013 %F digilib:7743 %I UIN SUNAN KALIJAGA %T Analisis Buku Teks “Ta’lim Al-Lughah Al-‘Arabiyyah Pendidikan Bahasa Arab SMP/MTs Muhammadiyah kelas VII” Karya Muhammad Thariq Aziz, S.Pd.I dan Nurul Cholidiyah S.H.I. (Tinjauan Dari Segi Materi) %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7743/ %X Syaviq Muqoffi. Analisis Buku Teks Ta’lim Al-Lughah Al-‘Arabiyyah Pendidikan Bahasa Arab SMP/MTs Muhammadiyah kelas VII Karya Muhammad Thariq Aziz, S.Pd.I dan Nurul Cholidiyah S.H.I. (Tinjauan Dari Segi Materi). Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2013 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas buku tersebut sebagai bahan ajar pembelajaran bahasa Arab ditinjau dari teori penyusunan buku ajar dan dari sisi seleksi, gradasi, presentasi, dan repetisi. Penelitian ini termasuk penelitian literatur atau penelitian kepustakaan (library research). Sementara itu dalam menganalisis data, penulis menggunakan analisis isi (contentanalysis). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa buku tersebut telah memenuhi kreteria buku teks yang baik dari segi materi, yakni telah sesuai dengan landasan keilmuan, meliputi keakuratan materi, cakupan materi, dan pendukung materi. Sedangkan dalam teori materi yang dikemukakan oleh Ali Al-Qasimy, buku ini hanya sesuai dalam materi dasar sedangkan dalam materi pendukung dan materi khusus tidak memenuhi kreteria. Buku tersebut juga telah memenuhi seleksi yang baik, karena penyusunan materinya yang sesuai dengan tujuan, tingkat kemahiran peserta didik, dan lama suatu progam pembelajaran bahasa. Gradasi yang baik, karena penyajian materi lebih mendahulukan kaidah-kaidah sederhana dan lebih berguna daripada kaidah- kaidah yang kompleks, dan khilaf. Walaupun terjadi inkonsistensi dalam penyajian maupun pemilihan materinya. Presentasi yang baik, secara umum menggunakan bahasa indonesia sebagai kata pengantar, presentasi materi menggunakan media juga terpenuhi, mulai tabel, fokus materi diberi warna khusus, gambar-gambar yang dapat membantu pemahaman. Akan tetapi buku ini menunjukkan repitisi yang kurang baik, karena 81,02 % kosa kata yang ada dalam buku tersebut mengalami repetisi 4 ke bawah.