eprintid: 7746 rev_number: 27 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/00/77/46 datestamp: 2013-05-17 10:58:30 lastmod: 2018-08-07 01:50:39 status_changed: 2013-05-17 10:58:30 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ZATA YUMNI NABILLA RUFAIDA, NIM : 08470119 title: STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI KELAS XI SMA SEMESTA BILINGUAL BOARDING SCHOOL SEMARANG ispublished: pub subjects: tykpi full_text_status: restricted abstract: ZATA YUMNI NABILLA RUFAIDA. “Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Kelas XI SMA Semesta Bilingual Boarding School Semarang”.Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN SunanKalijaga, Yogyakarta, 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis mengenai bagaimana pengembangan strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di kelas XI SMA Semesta. Mendeskripsikan implementasi strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di kelas XI SMA Semesta dan menganalisis hasil evaluasi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di kelas XI SMA Semesta Bilingual Boarding School Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatifdengan mengambil latar SMA Semesta Bilingual Boarding School Semarang.Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis terhadap data yang telah diperoleh menggunakan metode analisis deskriptif yakni metode yang digunakan untuk menyusun data yang telah dikumpulkan, dijelaskan kemudian dianalisa. Hasil penelitian ini adalah (1) implementasi strategi pembelajaran PAI di kelas XI SMA Semesta Bilingual Boarding School meliputi persiapan materi pembelajaran, pelaksanakan strategi active learning dan teknik quantum learning. (2) pengembangan strategi pembelajaran PAI di kelas XI SMA Semesta Bilingual Boarding School mengacu pada penggunaan strategi active learning dan model pembelajaran dengan teknik quantum learning. Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan PAI di SMA Semesta (3) Hasil nilai partisipasi siswa kelas XI rata – rata siswa memiliki nilai di atas 70, siswa memiliki tingkat keaktifan dan kerjasama yang baik dalam pembelajaran PAI. Nilai quiz juga menunjukkan siswa memiliki minat dan motivasi untuk belajar PAI di kelas. Sedangkan, nilai UTS menunjukkan hasil yang lebih rendah dari partisipasi dan quiz, karena UTS dilakukan secara mandiri, dan beberapa siswa belum menguasai materi. Kata Kunci :Pengembangan Strategi Pembelajaran PAI, Implementasi Strategi Pembelajaran PAI, Hasil Evaluasi PAI. date: 2013-03-14 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi citation: ZATA YUMNI NABILLA RUFAIDA, NIM : 08470119 (2013) STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI KELAS XI SMA SEMESTA BILINGUAL BOARDING SCHOOL SEMARANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7746/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7746/2/BAB%20II%2C%20III.pdf