eprintid: 7784 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/00/77/84 datestamp: 2013-05-21 10:38:13 lastmod: 2013-05-21 10:38:13 status_changed: 2013-05-21 10:38:13 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: IS’AUNATIN ‘AZZAH, NIM. 09470061 title: IMPLEMENTASI KURIKULUM INTERNASIONAL (STUDI KASUS PENERAPAN KURIKULUM CAMBRIDGE DI SMA DARUL ULUM 2UNGGULAN BPPT JOMBANG) ispublished: pub subjects: tykpi divisions: jur_kis full_text_status: restricted abstract: IS’AUNATIN ‘AZZAH. Implementasi Kurikulum Internasional (Studi Kasus Penerapan Kurikulum Cambridge di SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT Jombang). Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga 2013. Latar belakang dari penelitian ini adalah pada era globalisasi saat ini merupakan era persaingan yang kompetitif, untuk dapat bersaing dan meraih sukses salah satunya dengan mewujudkan masyarakat yang berkualitas. Salah satu lembaga yang bertanggung jawab atas hal itu adalah pendidikan, kurikulum sebagai alat dalam pendidikan berfungsi untuk membina dan mengembangkan siswa menjadi manusia berilmu, bermoral, mandiri dan kreatif. Rumusan masalah dari penelitian ini meliputi: 1) bagaimana konsep kurikulum Cambridge yang diterapkan di SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT Jombang?. 2) bagaimana penerapan kurikulum Cambridge di SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT Jombang?. 3) bagaimana hasil dari penerapan kurikulum Cambridge di SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT Jombang?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang implementasi kurikulum internasional yakni kurikulum Cambridge, untuk mengetahui konsep kurikulum Cambridge dan wujud dari konsep tersebut yaitu penerapan kurikulum Cambridge serta untuk mengetahui hasil yang dicapai dalam penerapan kurikulum Cambridge di SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT Jombang. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif analitik. Untuk mengecek keabsahan data yang diperoleh, peneliti menggunakan metode triangulasi sumber. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa : 1) Konsep penerapan kurikulum Cambridge di SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT Jombang yakni dengan mewajibkan semua siswa-siswinya untuk memiliki sertifikat Cambridge minimal satu bidang studi dengan cara mengikuti ujian sertifikasi Cambridge. 2) Bentuk penerapan kurikulum Cambridge yaitu dilaksanakan pada jam intrakurikuler sekolah, selain itu juga diadakan pembinaan satu kali dalam satu minggu untuk satu Subject atau satu mata pelajaran serta pembinaan intensif yang dilakukan selama dua hari menjelang ujian sertifikasi Cambridge. 3) Hasil yang dicapai dalam penerapan kurikulum Cambridge yaitu memberikan dampak positif bagi guru dan terutama siswa. Wawasan siswa lebih luas serta memiliki daya saing baik di tingkat nasional maupun internasional, hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya prestasi-prestasi yang diraih dalam berbagai perlombaan serta banyaknya lulusan atau alumni yang diterima di perguruan tinggi luar negeri dengan jalur beasiswa. Keyword: Kurikulum Cambridge adalah kurikulum yang diadaptasi dan diadopsi dari University Of Cambridge. Badan yang menaungi kurikulum tersebut adalah CIE (Cambrigde International Examination). date: 2013-04-22 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi citation: IS’AUNATIN ‘AZZAH, NIM. 09470061 (2013) IMPLEMENTASI KURIKULUM INTERNASIONAL (STUDI KASUS PENERAPAN KURIKULUM CAMBRIDGE DI SMA DARUL ULUM 2UNGGULAN BPPT JOMBANG). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7784/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7784/2/BAB%20II%2C%20III.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7784/4/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7784/5/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7784/6/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7784/7/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7784/8/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7784/9/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7784/10/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7784/11/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7784/14/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7784/15/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7784/16/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7784/17/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7784/18/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7784/19/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7784/20/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7784/21/small.jpg