eprintid: 7808 rev_number: 30 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/00/78/08 datestamp: 2013-05-24 11:00:03 lastmod: 2016-01-25 04:20:09 status_changed: 2013-05-24 11:00:03 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: AINUL MARYA RAHMANI , NIM. 08600104 title: PERAN GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN ( KTSP ) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP N 5 BANGUNTAPAN BANTUL ispublished: pub subjects: pen_mat divisions: jur_pemat full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini berusaha untuk mengkaji peran guru dalam implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (selanjutnya disingkat KTSP) pada pembelajaran matematika dengan tujuan (1) untuk mendeskripsikan peran guru dalam implementasi KTSP pada pembelajaran matematika dan (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi KTSP. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 5 Banguntapan Bantul dengan subyek penelitian adalah guru bidang studi matematika yang mengajar di kelas VII dan VIII. Penelitian ini mengkaji beberapa hal yang berkaiatan dengan implementasi KTSP, khususnya mengenai peran guru dalam perencanaan pembelajaran, pelaksanaan dan evaluasi. Penelitian ini merupakan penelitian jenis kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan lembar observasi, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis, sedangkan untuk lembar observasi dianalisis menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Implementasi KTSP pada pembelajaran matematika sudah dikatakan baik, hal ini berdasarkan hasil observasi saat pembelajaran berlangsung, akan tetapi masih perlu perbaikan dari segi ketepatan penggunaan metode, media, pemanfaatan waktu, dan mengkondisikan siswa. (2) Peran guru matematika dalam mengimplementasikan KTSP belum terealisasikan dengan baik. Hal ini dilihat dari kemampuan setiap guru matematika belum mampu mengembangkan silabus secara mandiri. RPP yang disusun di awal semester dan tidak direvisi kembali, mengakibatkan rencana yang disusun tidak sesuai dengan pelaksanaan proses pembelajaran. Disisi lain, sekolah maupun pemerintah daerah sudah mengadakan evaluasi secara rutin selama satu semester guna memperbaiki kinerja guru khususnya dalam proses pembelajaran. Namun, belum ada perubahan yang signifikan. (3) Faktor pendukung dalam implementasi KTSP yaitu adanya program sekolah dalam rangka implementasi KTSP, adanya tim pengembangan dan penyusun KTSP, adanya sistem penilaian kinerja guru. Faktor penghambat implementasi KTSP yaitu terbatasnya dana dan waktu, kurangnya sarana prasarana serta kurangnya kesiapan siswa untuk belajar mandiri. Kata Kunci : Peran guru, Implementasi KTSP pada Pembelajaran Matematika date: 2013-03-26 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: AINUL MARYA RAHMANI , NIM. 08600104 (2013) PERAN GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN ( KTSP ) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP N 5 BANGUNTAPAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7808/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7808/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf